Sukses


5 Wajah Baru Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2023: Pemain Naturalisasi Dominan

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 26 pemain jelang FIFA Matchday Juni 2023. Para pemain yang dipanggil merupakan sosok yang sudah langganan hingga ada juga wajah baru.

Para pemain dipanggil untuk persiapan dua laga FIFA Matchday. Timnas Indonesia akan menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (14/6/2023) dan menjajal kekuatan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 19 Juni mendatang.

Kedua laga tersebut sangat krusial buat Timnas Indonesia. Laga-laga itu bisa dimanfaatkan untuk persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026 hingga Piala Asia 2023 dan juga perbaikan ranking FIFA

Para pemain yang dipanggil Shin Tae-yong dijadwalkan untuk berkumpul pada 5 Juni 2023 di Jakarta. Setelah itu, skuad Timnas Indonesia akan bertolak ke Surabaya untuk persiapan melawan Palestina.

Lantas, siapa saja wajah baru yang dapat kesempatan dari pelatih Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday? Berikut ini lima di antaranya.

2 dari 7 halaman

Reza Arya Pratama

Pemanggilan ke Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2023 menjadi yang perdana untuk Reza Arya Pratama. Kiper PSM Makassar itu akan bersaing dengan Syahrul Trisna (Persikabo 1973) dan Ernando Ari (Persebaya Surabaya).

Pemanggilan Reza Arya diyakini karena penampilan apiknya bersama PSM Makassar musim lalu. Reza sukses membantu PSM menjadi juara dengan mencatatkan 33 penampilan dan menorehkan 14 clean sheet.

Reza juga tercatat melakukan 81 penyelamatan penting di Liga 1 musim lalu. Itulah yang membuatnya lebih dilirik Shin Tae-yong ketimbang kiper lain yang biasanya jadi langganan di Timnas Indonesia.

3 dari 7 halaman

Sandy Walsh

Sandy Walsh berpeluang melakoni debut di Timnas Indonesia pada FIFA Matchday. Sebenarnya, Sandy Walsh sudah sejak akhir 2022 menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun, cedera yang dialami ketika itu membuat Sandy Walsh batal membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Kini, Sandy Walsh sudah sembuh dari cedera dan siap membuktikan kemampuannya di lapangan.

Kehadiran Sandy Walsh jadi tambahan amunisi buat Timnas Indonesia di sektor pertahanan. Sandy Walsh merupakan seorang bek sayap kanan yang juga bisa dimainkan sebagai bek tengah.

4 dari 7 halaman

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama resmi menjadi WNI pada November 2022. Sebenarnya, Shayne Pattynama sudah sejak lama ingin dipanggil ke Timnas Indonesia, tetapi tidak mendapatkan izin klub karena agendanya di luar FIFA.

Shayne Pattynama merupakan bek sayap kiri. Kehadirannya di lini pertahanan bisa menambah kualitas di area tersebut.

Shayne Pattynama bisa diandalkan memberikan umpan hingga gol. Maklum bila Timnas Indonesia sangat membutuhkannya dalam dua laga FIFA Matchday nanti.

5 dari 7 halaman

Ivar Jenner

Ivar Jenner awalnya ingin dinaturaliasi untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, event tersebut batal terlaksana di Indonesia.

Ivar Jenner resmi menjadi WNI pada Mei 2023. Pelatih Shin Tae-yong kemudian memanggilnya untuk laga FIFA Matchday Juni 2023.

Ivar Jenner sudah pernah dua kali membela Timnas Indonesia U-20 pada laga persahabatan. Kini, kehadirannya di Timnas Indonesia senior bakal menambah kualitas di lini tengah.

6 dari 7 halaman

Rafael Struick

Serupa dengan Ivar Jenner, Rafael Struick juga awalnya dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Kini, Rafael Struick bisa menjadi alternatif di lini depan Timnas Indonesia senior.

Rafael Struick sudah pernah membela Timnas Indonesia U-20 pada laga persahabatan. Pemain ADO Den Haag itu sukses mencetak satu gol.

Kehadiran Rafael Struick bisa jadi alternatif serangan Timnas Indonesia senior. Apalagi Rafael Struick dikenal sebagai pemain yang andal membuka ruang tembak dan punya akurasi tembakan bagus.

7 dari 7 halaman

Daftar Pemain

Kiper: Syahrul Trisna (Persikabo 1973), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Reza Arya Pratama (PSM Makassa)

Belakang: Edo Febriansyah (Persib Bandung), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Yance Sayuri (PSM Makassar), Andy Setyo (Persikabo 1973), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Fachruddin Aryanto (Madura United), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Sandy Walsh (K.V. Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Elkan Baggott (Ipwich Town),

Tengah: Marc Klok (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC), Saddil Ramdani (Sabah FC), Marselino Ferdinan (K.M.S.K. Deinze), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht)

Depan: Dimas Drajat (Persikabo 1973), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Rafael Struick (ADO Den Haag)

Video Populer

Foto Populer