Sukses


Pesona Nadeo Argawinata: Langganan STY tapi Tersingkir saat Timnas Indonesia Hadapi Palestina dan Argentina di FIFA Matchday

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni dua pertandingan bertajuk FIFA Matchday 2023 menghadapi Palestina dan Argentina. 26 pemain juga sudah diumumkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Mantan penjaga Gawang Bali United Nadeo Argawinata kali ini tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong. Padahal di era STY, ia menjadi langganan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia.

Sementara tiga penjaga gawang yang dipanggil membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni nanti antara lain; SYahrul Trisna, Reza Arya, dan Ernando Ari Sutaryadi.

Selain Nadeo, beberapa pemain yang menjadi langganan STY di Timnas Indonesia juga tidak dipanggil seperti Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Ramadhan Sanantha yang mencetak 5 gol di SEA Games 2023, Kamboja.

Lantas apa yang membuat mantan penjaga gawang Bali United tersebut tidak dilirik lagi oleh STY? Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini.

2 dari 4 halaman

Performa Turun

Jika diamati sejak BRI Liga 1 2022/2023, performa Nadeo Arga Winata cukup menurun. Musim lalu, 17 pertandingan dilalui Nadeo namun performanya bisa dibilang tidak terlalu mentereng.

25 gol kebobolan dan hanya empat kali clean sheet adalah pencapaian Nadeo musim lalu. Di ajang Piala AFF 2022, Nadeo juga sempat melakukan blunder bersama Timnas Indonesia.

Pada laga semifinal menghadapi Vietnam saat itu, Nadeo hanya terdiam di area gawang yang seharusnya ia bisa menyapu bola yang mengarah ke Belakang bek tengah. Hasilnya, Nguyen Tien Linh mendapatkan ruang bebas dan berhasil menceploskan bola ke gawang Timnas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Sempat Diganggu Cedera

Sebelumnya memang diketahui jika Nadeo mengalami cedera saat menghadapi Filipina di fase grup. Ia mengalami benturan yang cukup keras dengan pemain Timnas Filipina yang membuatnya sedikit susah untuk bernapas dan berjalan saat itu.

Momen pertandingan menghadapi Burundi dalam FIFA Matchday pada Maret lalu mungkin menjadi puncaknya. Ia masuk dalam daftar pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong, namun Nadeo tidak dimainkan dalam dua pertandingan tersebut.

Kemudian STY memilih Syahrul Trisna dalam dua pertandingan tersebut.

4 dari 4 halaman

Statistik Kalah dari Kiper Lain

Keputusan STY untuk tidak memanggil Nadeo dirasa tepat. Penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut dalam penurunan performa. Statistiknya selama di Bali United juga kalah mentereng dibandingkan Reza Arya Pratama.

Penjaga gawang PSM Makassar yang sempat dilirik oleh Bali United musim depan tersebut berhasil mencatatkan 14 clean sheet dalam 33 pertandingan bersama Juku Eja. Ia juga hanya kebobolan 24 gol saja.

Torehan itu hanya kalah dari penjaga gawang Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa yang membukukan 15 pertandingan tanpa kebobolan. Ernando Ari juga tampil luar biasa bersama Timnas U-22 di SEA Games 2023.

Nadeo masih memiliki statistik yang lebih baik dibandingkan Syahrul Trisna. Penjaga gawang Persikabo 1973 ini bermain dalam 18 pertandingan. Tetapi ia kebobolan 31 kali dan hanya menciptakan 2 kali clean sheet.

Video Populer

Foto Populer