Sukses


Erick Thohir soal Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Argentina Terjangkau Masyarakat atau Tidak: Saya Sudah Riset

Bola.com, Semarang - Ketua PSSI, Erick Thohir, angkat suara terkait penetapan harga tiket Timnas Indonesia kontra Timnas Argentina dalam FIFA Matchday Juni 2023.

Erick Thohir baru saja mengumumkan harga tiket Timnas Indonesia melawan Argentina di ruangan konferensi pers Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Senin (29/5/2023).

Harga tiket untuk kategori 3 adalah Rp600 ribu, kategori 2 Rp1,2 juta, kategori 1 Rp2,5 juta, serta VIP Barat dan Timur Rp4,250 juta.

Penjualan tiket Timnas Indonesia versus Argentina akan dibuka pada 5 Juni 2023, namun khusus nasabah BRI. Sementara, tiket untuk umum bakal dijual pada 6-7 Juni 2023.

"Kami tentu melakukan research untuk harga tiket agar terjangkau masyarakat. Tapi saya juga ingin mengetuk, jangan ketika kita membawa event olahraga besar, selalu kalah saing dengan entertainment," imbuh Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Sisi Nasionalisme

"Padahal kan, kalau entertainment, ya hiburan saja. Kalau olahraga ini kan ada nasionalismenya. Ini bagian dari membangun Timnas Indonesia. Jadi mestinya secara value, harus lebih mahal."

"Coba lihat pertandingan olahraga lain di dunia, tiket Piala Dunia lebih mahal dari konser apapun. Tapi, kita tentu berharap. Makanya saya mendorong PSSI hingga PT Liga Indonesia Baru, bagaimana mempersiapkan kepanitiaan yang baik supaya kualitasnya naik," ucap Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Lebih Murah dari Tiket Konser Coldplay

Jika membandingkan dengan hiburan, misalnya konser Coldplay yang akan manggung di Indonesia pada 15 November 2023, harga tiketnya jauh lebih mahal daripada Timnas Indonesia melawan Argentina.

Promotor membanderol aksi panggung dari band asal Inggris itu mulai dari Rp800 ribu hingga Rp11 juta.

PSSI sudah pasti harus merogoh kocek yang sangat dalam untuk meminang Argentina supaya bersedia berhadapan dengan Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Dorongan Moral

Media Amerika Serikat, New York Times, sempat mengulas bahwa dana untuk mendatangkan Argentina setelah menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar mencapai 5 juta USD atau setara dengan Rp74 miliar.

"Jadi, ada apresiasi dari kedua belah pihak. Kami sebagai penyelenggara bisa memberikan operasional terbaik. Tapi, masyarakat juga bisa meninggikan status sosialnya. Jangan kalau entertainment, seakan-akan jadi semuanya murah," ucap Erick Thohir.

"Tapi, begitu ada sumbangsih ke olahraga kita, itu selalu dianggap mahal. Jadi, ini saya membangun dorongan moral bahwa kita harus bersama-sama dalam membangun olahraga, tidak bisa PSSI berdiri sendiri," ungkapnya.

Video Populer

Foto Populer