Sukses


Eric Abidal Sapa Indonesia: Assalamualaikum, Ikuti Allah SWT dan Ucapkan Alhamdulillah

Bola.com, Jakarta - Eric Abidal menyapa Indonesia. Mantan bek Barcelona itu memberikan salam di depan Ketua PSSI, Erick Thohir, dan para hadirin di Stadion BRI BRILiaN, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2023).

Bersama empat legenda dunia yang terdiri dari Roberto Carlos, Juan Sebastian Veron, Marco Materazzi, dan Giorgos Karagounis, Eric Abidal diundang untuk menghadiri "Brimo Future Garuda".

Brimo Future Garuda adalah aktivitas untuk memberikan pelatihan, inspirasi, dan motivasi bagi para pemain muda Indonesia yang digagas PSSI dan BRI.

"Selamat malam semuanya. Assalamualaikum," ujar Eric Abidal yang disambut tepuk tangan audiens.

2 dari 5 halaman

Cerita Soal Sakitnya

Abidal bercerita terkait sakit tumor liver yang menggerogotinya pada Maret 2011. Namun, mantan pemain asal Prancis itu mampu comeback pada Mei tahun yang sama.

Abidal bermain selama semenit ketika Barcelona mengimbangi Real Madrid 1-1 dalam leg kedua babak semifinal Liga Champions 2010/2011.

Hasil itu sudah cukup untuk membawa Barcelona lolos ke partai puncak Liga Champions karena dalam pertemuan pertama Sergio Busquets dkk. menang 3-1 atas Real Madrid.

"Pada 2011, saya bermain dengan timnya Roberto Carlos, Real Madrid. Saya bertarung dengan kanker hati. Saya comeback untuk pertama kalinya," imbuh Abidal.

3 dari 5 halaman

Dapat Banyak Dukungan

"Situasi yang saya alami tidak mudah. Tetapi, alhamdulillah saya bisa kembali dan bersenang-senang dengan teman-teman dan rekan setim. Mereka mendorong saya."

"Untuk menghadapi masalah ini, saya tanamkan di pikiran untuk selalu kuat, menjaga harapan, dan bersenang-senang," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Pesan Khusus

Pada 2012, penyakit Abidal kembali kambuh. Dia harus menjalani transpalantasi hati. Sepupunya, Gerard, menjadi donor. Dia baru kembali setahun berselang.

Abidal juga membagikan motivasi kepada para pemain muda, termasuk anggota Timnas Indonesia U-16 yang turut mengikuti kegiatan Brimo Future Garuda.

"Saya hanya bisa memberikan satu nasihat. Ikuti Allah SWT dan katakan alhamdulillah," ucap Abidal.

"Insyaallah, Allah SWT akan membantu kalian. Apapun mimpi yang dikejar, Tuhan selalu bersama kita," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Siapa Jagoan Kalian di Final Liga Champions?

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Video Populer

Foto Populer