Sukses


Markas PSS Sleman Berbenah Jelang Liga 1

Bola.com, Sleman - Markas PSS Sleman, Stadion Maguwoharjo akan dilakukan pembenahan dan perawatan jelang menyambut Liga 1 2023/2024. Jika sesuai rencana, kompetisi teratas Liga Indonesia itu bakal digulirkan pada awal Juli.

Pembenahan stadion akan dilakukan secara bertahap. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stadion Maguwoharjo akan memprioritaskan hal-hal yang utama atau mendesak untuk memenuhi syarat layak pakai sebagai venue pertandingan Liga 1.

Kepala UPT Stadion Maguwoharjo, Sumali mengatakan, pihaknya sudah mendapat pengajuan syarat baku penggunaan stadion untuk Liga 1 dari manajemen PSS Sleman yang diterbitkan PT LIB. Dalam waktu dekat, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Untuk lampu ini sudah diajukan manajemen. Ini yang jadi prioritas kami," ujar Sumali.

"Tapi memang tidak mudah untuk segera karena speknya khusus dan biayanya tidak kecil. Jadi upayanya komunikasi dengan PU dulu, mudah-mudahan bisa segera teratasi," harapnya.

2 dari 4 halaman

Banyak Keluhan

 

Lebih jauh Sumali menuturkan, lampu Stadion Maguwoharjo memang sudah menjadi keluhan sejak beberapa tahun lalu. Pasalnya, syarat layak penggunaan lampu dari LIB sebesar 1200 lux, sedangkan stadion berkapasitas kurang lebih 32 ribu penonton itu cuma memilik lampu sebesar 900 lux.

Selain masalah lampu, ternyata ada sejumlah fasilitas stadion yang dikeluhkan suporter atau pengunjung. Stadion Maguwoharjo dinilai minim perawatan.

Beberapa keluhan itu meliputi toilet kotor, tidak ada air dan tanpa pintu, kemudian lantai keramik yang pecah belum diganti, hingga mushola yang kurang nyaman untuk dipakai.

Begitu pula dengan rumput stadion. Sumali berujar, peremajaan rumput lapangan sebetulnya perlu dilakukan. Sebab, musim lalu Maguwoharjo menjadi salah satu stadion tersibuk lantaran harus dipakai sebagai homebase sejumlah tim Liga 1. Sebut saja Bali United, Persis Solo, dan tentu saja PSS Sleman.

3 dari 4 halaman

Ajukan Anggaran

Menanggapi hal itu, Sumali mengatakan pihaknya sudah menampung segala keluhan yang muncul. Pihak UPT telah mencatat dan akan segera mengoptimalkan fasilitas yang ada. Artinya beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki akan masuk dalam anggaran tambahan tahun ini.

"Kami sudah ajukan anggaran, tapi baru bisa cair sekitar Oktober 2023 nanti. Jadi kami coba maksimalkan anggaran yang ada untuk optimalisasi fasilitas yang ada di stadion seperti toilet," terang Sumali.

"Kemarin kami juga sudah matur untuk perbaikan keramik, ini termasuk urgent untuk segera dikondisikan," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Diverifikasi Akhir Tahun 2022

Pada akhir tahun 2022 Stadion Maguwoharjo telah mendapat verifikasi dari Polda DIY serta Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Saat itu, pengelola stadion ngebut melakukan pembenahan dengan melengkapi Standar Operasional Prosedur (SOP) dasar dan sejumlah perlengkapan lainnya.

Adapun beberapa pembenahan yang masih dalam proses bertahap antara lain fasilitas closed circuit television (CCTV) yang telah dipasang pada 16 titik. Juga keamanan harus melalui pembinaan yang terverifikasi lewat kartu tanda anggota dan masa tahun dapat diperpanjang.

Video Populer

Foto Populer