Sukses


BRI Liga 1: Pertama Kali Gabung Latihan PSIS, Gian Zola Keluhkan Satu Hal

Bola.com, Semarang - Pemain baru PSIS Semarang, Gian Zola, akhirnya bisa bergabung dengan sesi latihan. Dalam pertemuan pertamanya bersama skuad Mahesa Jenar, dia mendapatkan kesan tersendiri.

Bagi Gian Zola, ini adalah sesi latihan perdananya sejak resmi menjadi pemain PSIS Semarang pada 21 Mei 2023. Sehari setelahnya, Mahesa Jenar pun menggelar agenda latihan pertamanya di Stadion Citarum.

Gelandang yang direkrut PSIS dari Arema FC ini pun merasa senang setelah mengikuti latihan pertama. Apalagi, dia bertemu teman-teman lamanya seperti Septian David Maulana hingga Luthfi Kamal.

“Kesan pertama saya bergabung dengan latihan PSIS Semarang, alhamdulillah, senang dan bangga,” kata Gian Zola seusai latihan, Kamis (1/6/2023).

“Karena, saya bisa bertemu rekan-rekan lama yang sudah lama gak ketemu Seperti Septian, Luthfi, dan lain-lain. Sambutan mereka juga menyenangkan,” imbuhnya.

2 dari 5 halaman

Adaptasi Cuaca Panas

Selain itu, gelandang berusia 24 tahun ini pun menjelaskan proses adaptasinya yang berjalan cukup lancar. Namun, salah satu yang menjadi tantangan tersendiri ialah cuaca panas Kota Semarang.

Terlepas dari hal itu, proses adaptasinya cukup terbantu dengan rekan-rekan lamanya. Zola berharap, dia bisa memberikan permainan terbaiknya untuk membantu Mahesa Jenar musim depan.

“Adaptasi saya berjalan dengan sangat bagus di sini, tetapi buat saya cuacanya panas banget,” ujar pemain binaan Diklat Persib Bandung itu.

“Ya mungkin kaya Septian David, Ucil, Luthfi, kami bisa bertemu lagi ya harapannya kami bisa saling bahu membahu untuk bisa membawa PSIS lebih baik dari sebelumnya,” lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Tambah Opsi Lini Tengah

Gian Zola menjadi rekrutan kedelapan yang diumumkan PSIS Semarang bulan lalu. Mantan pemain Timnas Indonesia U-23 ini diharapkan bisa menjadi opsi tambahan di lini tengah.

Pasalnya, Zola dianggap sebagai gelandang yang memiliki karakter berbeda dengan pemain PSIS lainnya. Di sektor ini, sudah ada beberapa wajah lama yang dipertahankan Mahesa Jenar.

Sampai saat ini, PSIS Semarang sudah berhasil mendatangkan total sebelas pemain baru. Semua nama-nama yang diumumkan telah bergabung ialah pemain lokal.

Sementara itu, nama-nama pemain asing yang bakal diboyong Mahesa Jenar untuk melengkapi kuota 5+1 sejauh ini masih belum juga diumumkan.

4 dari 5 halaman

Uji Coba

Di tengah masa persiapannya untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, PSIS Semarang mendapatkan tawaran menggelar laga uji coba dengan klub Liga 3, Persik Kendal.

Tim pelatih PSIS yang dikepalai Gilbert Agius pun menerima tawaran itu. Tujuannya yakni untuk menguji hasil latihan yang sudah dilakukan Septian David Maulana dkk selama kurang lebih dua pekan ini.

Menurut jadwal, laga latih tanding antara PSIS melawan Persik ini akan berlangsung di Stadion Kebondalem, Kabupaten Kendal, pada Minggu (4/6/2023) pukul 15.30 WIB.

Manajer Persik Kendal, Agung Buwono, menyebut bahwa pihaknya mengajak uji coba PSIS karena Mahesa Jenar sudah lama tidak bertandang ke Kendal. Ada pula faktor teknis lainnya yang jadi target Laskar Bahurekso dari laga ini. 

“Kami kan sudah lama tidak mengajak uji coba PSIS Semarang karena pandemi dan hal sebagainya,” ujar Agung Buwono melalui rilis yang diterima Bola.com, Kamis (1/6/2023) malam.

“Oleh sebab itu, kami mengajak PSIS karena kami juga ingin mengukur kekuatan Persik sendiri dan menguji mereka saat bertemu dengan klub yang levelnya lebih tinggi,” imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Izin Keramaian Sudah Didapatkan

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara (Panpel) Persik Kendal, Samsul Maarif, memastikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan izin keramaian.

Selain itu, koordinasi juga telah dibangun bersama perwakilan kelompok suporter PSIS dan Persik untuk memastikan pertandingan ini bisa berlangsung aman dan nyaman. 

“Persiapan sudah kami lakukan dan kami juga telah mengurus perizinan. Kemarin kami juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan kepolisian serta suporter dari kedua tim,” ujar Samsul.

“Nanti di lapangan, pihak kepolisian juga akan melakukan skema Ring 3, Ring 2, dan Ring 1, demi keamanan dan kelancaran pertandingan,” ia menambahkan.

Tahap Matangkan Kondisi Fisik

Untuk saat ini, proses persiapan PSIS Semarang selama pramusim memang masih baru memasuki tahap peningkatan kebugaran dan fisik para pemain.

Dari penjelasan tim pelatih, tingkat kebugaran para pemain baru mencapai 20 hingga 30%. Selain itu, belum semua pemain skuad Mahesa Jenar bergabung di sesi latihan, termasuk tiga amunisi impornya.

Ketiga pemain itu yakni Carlos Fortes, Taisei Marukawa, dan Vitinho. Tak hanya itu, tiga pemain PSIS yang tampil di SEA Games 2023, yakni Alfeandra Dewangga, Haykal Alhafiz, dan Adi Satryo juga masih belum kelihatan batang hidungnya.

Video Populer

Foto Populer