Sukses


PSSI Isyaratkan Piala Indonesia Vakum Lagi

Bola.com, Jakarta - Piala Indonesia masih mati suri. Turnamen pendamping kompetisi itu sudah vakum selama empat tahun. Apakah PSSI berencana untuk menghidpkannya lagi untuk musim depan?

Jawabannya kemungkinan tidak. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengisyaratkan bahwa Piala Indonesia tidak akan digelar pada musim 2023/2024.

Sejak PSM Makassar menjadi juara untuk musim 2018/2019 setelah mengalahkan Persija Jakarta di babak final, Piala Indonesia seolah hilang ditelan bumi.

Arya mengungkapkan bahwa PSSI hanya berencana untuk memutar turnamen pramusim khusus Liga 2 dan Liga 3 pada Juli atau Agustus 2023 sebelum kompetisi kasta kedua dan ketiga dimulai pada September tahun ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Arya Sinulingga

"Setahu saya, adanya turnamen pramusim untuk Liga 2 dan Liga 3," ujar Arya kepada Bola.com di Kantor KapanLagi Youniverse (KLY), Jakarta Pusat.

"Mungkin setelah ini, kan kami sedang belajar nih, dan baru tahu bagaimana apakah tahun depan bisa digelar atau tidak. Kita lihat tahun depan," jelas Arya.

Arya beralasan bahwa timeline sepak bola pada tahun ini hingga tahun depan sudah sangat padat sehingga dikhawatirkan akan memengaruhi kondisi pemain.

3 dari 4 halaman

Piala Indonesia Sudah Sering Vakum

Selain kompetisi, kegiatan lain yang melibatkan klub dan Timnas Indonesia ialah FIFA Matchday, Piala AFF U-23 2023, Asian Games 2022, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, pemusatan latihan timnas, hingga turnamen antarklub Asia.

"Terlalu padat jadwalnya. Padat sekali. Kalau kami bikin lagi takutnya malah pemain fisiknya tidak bagus dan pemusatan latihan Timnas Indonesia terganggu," ungkap Arya.

PSSI memang kerap tidak konsisten dalam menggelar Piala Indonesia. Sebelum edisi 2018/2019 berputar, turnamen itu sempat berhenti sejak 2012.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer