Sukses


Kongres ASBWI Hasilkan Sinkronisasi Program dengan PSSI demi Timnas Indonesia Putri Mendunia pada 2035

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola Wanita (ASBWI) baru saja menggelar kongres biasa secara virtual di Jakarta pada Sabtu (3/6/2023). Apa saja yang dibahas untuk memajukan sepak bola putri Tanah Air itu?

Ketua ASBWI, Nadalsyah, mengungkapkan bahwa kongres membahas terkait sikontrinasi program ASBWI dengan PSSI.

Secara asosiasi, ASBWI masih berada dalam naungan PSSI seperti Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Sinkronisasi program ini bertujuan demu dua target tinggi ASBWI. Keduanya adalah meloloskan Timnas Indonesia Putri ke Piala Dunia Putri 2035 dan menjuarai Piala Asia Putri 2038.

2 dari 5 halaman

Dibuka Exco PSSI

Kongres ASBWI dibuka oleh satu-satunya anggota wanita Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Vivin Cahyanu, dan diikuti semua anggota ASBWI.

"Sebagai anggota PSSI, ASBWI tentu akan menjalankan arahan dan petunjuk dari kongres biasa PSSI 2023. Kami juga ingin Timnas Indonesia Putri menjadi 30 besar terbaik dunia," kata Nadalsyah.

Dalam kongres itu, ASBWI juga menerima dan mengukuhkan anggota baru. Total, ASBWI memiliki 76 anggota yang awalnya 12 anggota dengan rincian 30 ASBWI Provinsi dan 46 klub anggota.

3 dari 5 halaman

Berbagai Program ASBWI

"ASBWI memiliki sistem database SIBAWI yang tengah disinkronisasikan dengan sistem PSSI yang bernama SIAP. Jadi, ASBWI akan memiliki database raksasa sepak bola putri," imbuh Nadalsyah.

Nadalsyah juga merasa bersyukur. Sebab, berbagai program kerja ASBWI pada 2022 berhasil bergulir dengan baik.

ASBWI mampu memutar Piala Pertiwi 2022, Piala Gubernur DKI Jakarta 2022, dan Festival Sepak Bola Putri U-10 serta U-12 di berbagai daerah.

4 dari 5 halaman

Makin Percaya Diri

"PSSI juga memandatkan ke ASBWI untuk pelaksanaan FIFA Matchday. Pertama melawan Singapura, Timnas Indonesia Putri menang 2-1. Kemudian lawan Arab Saudi, menang dengan skor 1-0," ujar Nadalsyah.

Sejumlah kesuksesan itu bikin ASBWI makin percaya diri mengarungi setahun ke depan. Lima program pun telah disiapkan.

5 dari 5 halaman

Program Lainnya

Empat di antaranya menyelenggarakan kompetisi U-15 Nasional di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada 14-21 Juli 2023, memutar kompetisi U-17, dan menggelar dua turnamen prestisius yang diberi nama Piala Ibu Negara serta ASBWI Cup.

"Selain itu, ASBWI akan ada program pengembangan bisnis di area media dan komersial," ungkap Nadalsyah.

Video Populer

Foto Populer