Sukses


Ada Pertandingan Malam, Persebaya Bakal Protes Draft Jadwal BRI Liga 1 2023/2024

Bola.com, Surabaya - Manajemen Persebaya Surabaya membuka kemungkinan melakukan protes terkait draft jadwal BRI Liga 1 2023/2024. Itu terkait dengan jadwal beberapa pertandingan yang digelar pada malam hari yang melibatkan mereka.

Dalam rilis draft jadwal itu, tercatat ada delapan pertandingan kandang Persebaya Surabaya digelar malam hari dengan kick-off pukul 19.00 WIB. Itu tidak termasuk laga malam yang nantinya diselenggarakan pada Bulan Ramadan.

Delapan pertandingan itu masing-masing ketika menjamu Barito Putera pada 8 Juli 2023, RANS Nusantara FC pada 23 Juli 2023, Persita Tangerang pada 12 Agustus 2023, PSM Makassar pada 20 Agustus 2023, Borneo FC pada 3 Septembe 2023, Bali United pada 2 Oktober 2023, PSIS Semarang pada 26 November 2023, dan PSS Sleman pada 3 Maret 2024.

Protes ini juga dilandaskan kepada insiden pada musim lalu. Tragedi Kanjuruhan yang meletus pada 1 Oktober 2022 telah mengubah beberapa kebijakan penting, termasuk pertandingan malam.

FIFA sudah menyarankan kepada PT LIB selaku operator kompetisi untuk tidak menggelar pertandingan larut malam. Selain itu, pertandingan setiap pekan juga disarankan digelar pada akhir pekan saja.

"Kami akan berkomunikasi dengan teman-teman suporter, pihak kepolisian, dan PT LIB, sepertinya itu akan ada masalah di main malam. Kita semua tahu dari tahun lalu banyak kejadian, semoga main malam ini bisa dihilangkan," ujar manajer Persebaya Surabaya, Yahya Alkatiri.i tidak bermunculan.

2 dari 4 halaman

Demi Keselamatan Suporter

Yahya Alkatiri tegas menyatakan pihaknya bakal melakukan protes terhadap jadwal laga kandang yang dimainkan terlalu malam demi keselamatan dan kenyamanan suporter.

"Faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan suporter itu prioritas. Sehingga main malam ini kami agak khawatir. Makanya kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Kalau memang ini tidak ada rekomendasi, kami akan protes seperti tahun lalu," ujar Yahya.

"Kalau tim lain, tidak tahu. Namun, kalau Persebaya ini terlalu berisiko kalau main malam di GBT, karena jauh dari pemukiman, rawan," imbuh manajer Persebaya Surabaya itu.

 

3 dari 4 halaman

Suporter Paling Terdampak

Musim lalu, suporter Persebaya Surabaya, Bonek, bahkan sampai menggelar demonstrasi untuk memprotes jadwal laga yang terlalu larut malam.

Beberapa pertandingan kandang Persebaya digelar pukul 20.30 WIB dan bonek menuntut pertandingan paling larut digelar pada pukul 19.00 WIB.

Suporter menjadi pihak yang terdampak dari jadwal pertandingan karena pulang dari stadion sudah terlalu larut malam.

Dampak terbesar tentu dialami suporter dengan jumlah yang banyak di stadion lantaran mereka perlu mempertimbangkan akses dan waktu yang dibutuhkan menuju stadion, maupun pulang ke rumah.

Jadwal kick-off pukul 20.30 WIB ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi, tapi sudah berlaku sejak Liga 1 2021/2022. Namun, pada musim itu, semua laga digelar tanpa penonton sehingga rentetan masalah seperti ini.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga 1

Video Populer

Foto Populer