Sukses


Pesan Presiden Jokowi untuk Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Dapat Bonus Rp367 Juta: Investasi, Jangan Beli Barang Mewah, Mobil

Bola.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, mengingatkan atlet berprestasi di SEA Games 2023 Kamboja, termasuk Timnas Indonesia U-22, untuk mengelola bonus dengan baik.

Jokowi baru saja mencairkan bonus dengan total Rp289 miliar kepada atlet peraih medali emas, perak, dan perunggu SEA Games 2023.

Jokowi mengumumkan nominal bonus itu ketika mengundang para atlet Tim Indonesia di Istana Negara, Jakarta Lusat, pada Senin (6/6/2023).

Bonus untuk perebut medali emas perorangan senilai Rp525 juta, ganda atau pasangan Rp420 juta, dan beregu Rp367,5 juta.

Artinya, para pemain Timnas Indonesia U-22 yang memenangkan medali emas SEA Games untuk pertama kalinya sejak 32 tahun terakhir mendapatkan Rp367,5 juta.

"Untuk tim sepak bola yang sudah 32 tahun tidak pernah mendapatkan medali emas. Ini berhasil dapat," ujar Jokowi dinukil dari laman PSSI.

2 dari 3 halaman

Investasi

Jokowi meminta atlet untuk menginvestasikan bonus SEA Games 2023, bukan untuk dihambur-hamburkan, apalagi membeli barang mewah yang tidak terlalu dibutuhkan.

"Saya pesan, saya titip bonus ini dimanfaaatkan sebaik-baiknya utamanya untuk investasi jangka panjang. Jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaat," kata Jokowi.

"Kalau beli mobil sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh nilainya. Bedanya di situ investasi dan bukan investasi. Saya titip di situ karena perjuangan saudara-saudara masih panjang," imbuh Jokowi.

3 dari 3 halaman

Lewati Target

Di SEA Games 2023, Tim Indonesia menduduki posisi ketiga dengan catatan 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu.

Jumlah medali emas Tim Indonesia di SEA Games 2023 melampaui target Jokowi yaitu di atas 69 medali emas dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yakni 60 medali emas.

Video Populer

Foto Populer