Sukses


Main di Surabaya, Ernando Ari Semakin Pede Timnas Indonesia Jamu Palestina di GBT

Bola.com, Surabaya - Penjaga gawang Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, merasa diuntungkan dengan venue pertandingan melawan Palestina. 

Laga internasional itu akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6/2023)

Stadion GBT bukanlah tempat yang asing bagi Ernando. Maklum saja, Ernando merupakan kiper milik Persebaya Surabaya. Stadion GBT sendiri merupakan markas klub asal Kota Pahlawan tersebut.

Kebetulan, Ernando menjadi satu-satunya pemain Persebaya yang masuk dalam skuat Garuda. Ini tentu jadi kesempatan buatnya mengingat sudah memahami seluk-beluk Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Kiper berusia 21 tahun itu tentu sudah paham dengan kondisi stadion yang terletak di kawasan Surabaya Barat itu.

Dia mengaku punya semangat lebih ketika mendengar kabar bahwa duel melawan Palestina akan digelar di Stadion GBT.

“Jelas menjadi keuntungan karena saya sering di Surabaya dan GBT. Pasti atmosfer itu membawa saya semakin pede dan semangat lagi untuk mengawal gawang,” kata Ernando.

 

2 dari 3 halaman

Pelajari Rekaman

Setelah melawan Palestina, Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Argentina. Namun, lokasinya pindah ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Ini tentu menjadi pengalaman baru bagi Ernando mengingat dia sebelumnya lebih banyak tampil di Timnas Indonesia kelompok usia. Saat membela Timnas Indonesia senior, dia biasanya menghadapi tim Asia Tenggara.

Ernando mengaku mulai mempelajari kekuatan dua tim yang bakal jadi calon lawannya itu. Caranya adalah menonton video-video pertandingan tim lawan. Kebetulan, video itu juga dibagikan di grup pemain Timnas Indonesia.

“Ya mungkin saya lihat video-video karena di grup dikirim video penampilan tim-tim lawan. Saya akan melihat video-video yang saya pelajari dari tim Indonesia melawan Palestina dan Argentina,” kata Ernando.

 

3 dari 3 halaman

Kiper Termuda

Ernando Ari sendiri tercatat sebagai kiper termuda di skuat Timnas Indonesia saat ini. Di usianya yang masih 21 tahun, dia harus bersaing dengan Syahrul Trisna (27 tahun) dan Reza Arya Pratama (23 tahun).

Tapi, bicara pengalaman internasional, Ernando tentu lebih punya banyak kesempatan. Dia dua kali memberi titel juara, masing-masing bersama Timnas Indonesia U-16 meraih trofi Piala AFF U-16 2018 dan menyabet medali emas SEA Games 2023 bersama Timnas Indonesia U-22.

“Saya mengamati pertandingan-pertandingan. Saya ada evaluasi untuk diri saya, cuma saya lebih mematangkan diri untuk melihat pertandingan yang akan datang. Harapannya semoga diberi kepercayaan dan menampilkan yang terbaik,” imbuhnya.

Dua laga uji coba pada bulan Juni 2023 ini juga menarik perhatian publik nasional. Pasalnya, Timnas Palestina termasuk tim kuat di Asia yang cukup rutin berkiprah di Piala Asia.

Sedangkan Timnas Argentina merupakan tim dengan peringkat tertinggi dalam ranking FIFA saat ini. Mereka juga berstatus juara bertahan Piala Dunia setelah mampu memenangi edisi 2022 lalu.

Video Populer

Foto Populer