Sukses


Terpaut Jauh dari Palestina dan Argentina di Ranking FIFA, Timnas Indonesia Harus Tetap Maksimal

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia bakal menghadapi tantangan yang tidak mudah di FIFA Matchday. Fachruddin Aryanto dkk. akan menjamu dua tim dengan peringkat FIFA yang jauh lebih tinggi, yakni Palestina dan Argentina.

Timnas Indonesia kini menduduki peringkat ke-149. Palestina masuk seratus 100 besar dengan berada di posisi ke-93. Sedangkan Argentina yang berstatus kampiun Piala Dunia 2022 ada di posisi teratas.

Terdekat, Timnas Indonesia akan menjamu Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Berikutnya, skuat Garuda bakal menghadapi Argentina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meminta kepada para pemainnya untuk tetap berjuang keras dalam dua laga uji coba itu.

“Seperti yang kita lihat, ranking Palestina di posisi 90-an. Argentina juara Piala Dunia. Saya hanya berusaha meningkatkan fisik pemain supaya bisa berusaha semaksimal mungkin di pertandingan,” ucap Shin Tae-yong, Kamis (8/6/2023).

2 dari 3 halaman

Kendala yang Dihadapi

Sementara di sisi lain, pelatih asal Korea Selatan itu menghadapi kendala selama pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Mereka harus mengembalikan kondisi kebugaran fisik para pemain yang belum ideal.

Penyebabnya, para penggawa Timnas Indonesia tidak berlatih bersama klub karena kompetisi Liga 1 sedang libur. Maklum saja, kompetisi kasta teratas Indonesia itu telah rampung pada April 2023 lalu.

Sejumlah klub memang menggelar latihan untuk menghadapi musim baru. Tapi, mereka belum mencapai pada tahap untuk mempersiapkan pertandingan.

Waktu yang dimiliki oleh Timnas Indonesia hanya sekitar sepekan saja untuk mematangkan persiapan. Dalam pekan ini, fisik pemain perlu digenjot agar lebih siap menghadapi pertandingan lagi.

“Saya berharap pemain bekerja maksimal dan mengikuti instruksi saya. Melalui pertandingan ini, saya berharap pemain bisa berkembang lebih dari sekarang,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

 

3 dari 3 halaman

Belum Lengkap

Shin Tae-yong juga menghadapi kendala dengan komposisi skuat Garuda juga masih belum lengkap sampai hari ini. Dari 26 nama yang mendapat panggilan, masih ada 11 nama yang belum bergabung dengan TC di Surabaya.

Enam di antaranya berkarier di luar negeri, yakni Jordi Amat, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott. Sedangkan lima pemain lokal belum dilepas oleh klub.

Timnas Indonesia masih menunggu kedatangan Rizky Ridho dan Witan Sulaeman yang masih ditahan Persija Jakarta.

Selain itu, Reza Arya Pratama, Yakob Sayuri, dan Yance Sayuri masih bermain untuk PSM Makassar dalam play-off Liga Champions Asia versus Bali United hingga 10 Juni 2023.

Video Populer

Foto Populer