Sukses


Persiapan Timnas Indonesia di Lapangan THOR dan GBT Oke, Cuma Panasnya Mengerikan

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia memasuki hari kelima pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Skuat arahan Shin Tae-yong menggunakan dua lapangan untuk berlatih, yakni Lapangan THOR dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, mengaku puas dengan kualitas lapangan latihan yang digunakan. Maklum saja, dua venue itu sudah direnovasi lantaran tadinya disiapkan sebagai tempat menggelar Piala Dunia U-20 2023.

“Lapangannya cukup bagus setelah direnovasi. Kami melihat di GBT pada hari kedua, luar biasa lapangannya cukup menunjang permainan yang kami inginkan. Lapangan THOR juga termasuk lapangan yang cukup bagus. Aliran bola bagus, tidak tersendat-sendat,” kata Dendy.

Menurut Dendy, para pemain Timnas Indonesia hanya mengeluhkan cuaca panas di Surabaya. Itu sudah menjadi rahasia umum bahwa ibukota Provinsi Jawa Timur itu memaksa pemain beradaptasi cukup ekstra pada cuaca.

“Alhamdulillah, kondisi saya cukup baik, meskipun sempat libur liga. Di Surabaya, cuacanya panas, dekat dengan tempat kelahiran saya, Lamongan,” imbuh penyerang milik Bhayangkara FC itu.

Timnas Indonesia sendiri sebenarnya masih menghadapi kendala kebugaran fisik yang belum pada kondisi ideal.

Penyebabnya, para penggawa Timnas Indonesia tidak berlatih bersama klub karena kompetisi Liga 1 sedang libur. Kompetisi kasta teratas Indonesia itu telah rampung pada April 2023 lalu.

Sejumlah klub memang menggelar latihan untuk menghadapi musim baru. Tapi, mereka belum mencapai pada tahap untuk mempersiapkan pertandingan.

“Untuk kegiatan tiga hari kemarin, seperti biasa kami ada jadwal latihan sehari dua kali. Baru bergabung timnas lagi, jadi seperti kemarin itu latihan ada jadwal gym pagi hari, sorenya baru ke lapangan,” ungkap Dendy.

Timnas Indonesia sendiri melakoni agenda TC di Surabaya sejak Senin (5/6/2023). Mereka bersiap menghadapi dua laga uji coba internasional, masing-masing melawan Palestina (14 Juni 2023) di Surabaya dan kontra Argentina (19 Juni 2023) di Jakarta.

Artinya, waktu yang dimiliki oleh Timnas Indonesia hanya sekitar sepekan saja untuk mematangkan persiapan. Dalam pekan ini, fisik pemain perlu digenjot agar lebih siap menghadapi pertandingan lagi.

Di sisi lain, komposisi skuat Garuda juga masih belum lengkap. Dari 26 nama yang mendapat panggilan, masih ada 11 nama yang belum bergabung dengan TC di Surabaya.

Enam di antaranya berkarier di luar negeri, yakni Jordi Amat, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott. Sedangkan lima pemain lokal belum dilepas oleh klub.

Reza Arya Pratama, Yakob Sayuri, dan Yance Sayuri masih bermain untuk PSM Makassar dalam play-off Liga Champions Asia versus Bali United hingga 10 Juni 2023.

Selain itu, Timnas Indonesia masih menunggu kedatangan Rizky Ridho dan Witan Sulaeman yang masih ditahan Persija Jakarta.

Video Populer

Foto Populer