Sukses


Ironi Arema Jelang BRI Liga 1: Paling Awal Persiapan, Eh Baru Full Team Mepet dengan Kompetisi

Bola.com, Malang - Arema FC menjadi tim pertama yang menggelar persiapan untuk BRI Liga 1 2023/2024. Ahmad Alfarizi dkk. sudah berlatih sejak 3 April lalu.

Artinya sudah dua bulan tim pelatih membentuk persiapan fisik dan taktik. Hanya, justru sampai saat ini, tim Singo Edan belum full team.

baru ada tiga pemain asing yang direkrut. Sedangkan dua pemain asing lainnya baru datang pertengahan Juni. Selain itu, komposisi pemain lokal juga belum final. Mereka masih membuka peluang merekrut pemain baru.

Sementara pemain lama, juga posisinya tidak aman. Meski sudah dikontrak, masih ada peluang untuk dipinjamkan. Terutama bagi pemain yang tidak bisa memperlihatkan kemampuannya selama persiapan.

“Pemain asing lainnya pekan depan sudah datang. Tidak terasa sudah tinggal 3 minggu kompetisi. Jadi, kami harus cepat melengkapi tim ini,” kata asisten pelatih Arema FC, I Putu Gede Swisantoso.

2 dari 4 halaman

Program Latihan

Dari program, persiapan Arema sudah berjalan sesuai rencana.

Setelah menjalani latihan fisik dan uji coba melawan klub lokal, kini mereka mulai menantang tim Liga 1. Hanya saja, ada satu hal yang masih belum terlaksana, yakni pemusatan latihan alias training center.

“Sebenarnya ingin juga membuat pemusatan latihan. Tidak perlu jauh-jauh, di daerah Malang juga ada. Tapi, menunggu skuat lengkap dulu. Percuma kalau pemusatan latihan tapi tim belum lengkap,” imbuhnya.

Justru tim lain seperti Barito Putera, Persik Kediri, dan beberapa yang lainnya sudah menggelar pemusatan latihan. Tim papan atas seperti PSM Makassar dan Bali United bahkan sudah menjalani pertandingan kualifikasi playoff Liga Champions Asia.

3 dari 4 halaman

Banyak Kendala di Pemain Asing

Sebenarnya Arema banyak terkendala dalam proses perekrutan pemain asing. Dari tiga pemain asing yang sudah resmi dikontrak, baru Ichaka Diarra yang sudah berlatih dengan skuat utama. Sedangkan Gustavo Almeida dan Charles Lokolingoy hanya dua kali itu latihan. Setelah itu mereka absen karena mengurus visa kerja.

Padahal tim pelatih ingin para pemain segera melakukan adaptasi. Mengingat semua pemain asing yang didatangkan belum pernah merasakan atmosfer sepakbola Indonesia. Meskipun secara kualitas, manajemen Arema mengklaim pemain asing d iatas rata-rata, mereka tetap butuh waktu untuk penyesuaian.

 “Kalau pemain asing, siapa yang cepat beradaptasi, dia bisa segera memperlihatkan permainan terbaiknya,” pungkas Putu Gede. 

 

4 dari 4 halaman

Jejak Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer