Sukses


Shin Tae-yong Heran Persija Belum Lepas Pemain Ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih dipusingkan dengan belum lengkapnya skuat Garuda. Memasuki hari keenam TC di Surabaya, hanya 17 pemain yang sudah bergabung dari total 26 nama yang dapat panggilan.

Sembilan yang nama belum bergabung memiliki alasan berbeda. Reza Arya Pratama, Yakob Sayuri, dan Yance Sayuri masih harus membela PSM Makassar melawan Bali United dalam leg kedua play-off Liga Champions Asia, Sabtu (10/6/2023).

Lalu, empat pemain dalam perjalanan jauh karena berkarier di luar negeri. Mereka adalah Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Shayne Pattynama (Viking FK).

Dua nama lagi membuat Shin Tae-yong cukup heran. Mereka adalah Rizky Ridho dan Witan Sulaeman yang belum dilepas Persija Jakarta. Padahal, Macan Kemayoran juga tidak dalam agenda kompetitif.

“Saya belum bisa mengerti kenapa Persija belum melepas pemain. Saya meminta tolong agar ada dukungan penuh dari klub-klub Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

 

2 dari 6 halaman

Apa Penyebabnya?

Situasi serba merepotkan ini membuat TC tidak berjalan baik. Apalagi, kondisi kebugaran fisik para pemain Timnas Indonesia belum membaik setelah libur kompetisi.

Penyebabnya, para penggawa Timnas Indonesia tidak berlatih bersama klub karena kompetisi Liga 1 sedang libur. Maklum saja, kompetisi kasta teratas Indonesia itu telah rampung pada April 2023 lalu.

Sejumlah klub memang menggelar latihan untuk menghadapi musim baru. Tapi, mereka belum mencapai pada tahap untuk mempersiapkan pertandingan.

 

3 dari 6 halaman

Sudah Koordinasi

Waktu yang dimiliki oleh Timnas Indonesia hanya beberapa hari saja untuk mematangkan persiapan. Dalam pekan ini, fisik pemain perlu digenjot agar lebih siap menghadapi pertandingan lagi.

Shin Tae-yong mendapat tantangan lebih untuk bisa membuat anak asuhnya siap tempur. Kabarnya, skuat Timnas Indonesia baru bisa lengkap pada Senin (12/6/2023).

“Kami berkumpul untuk pertandingan kali ini. Setelah berlibur, pemain baru berkumpul. Kondisinya belum seratus persen,” ujar Shin Tae-yong.

“Oleh karena itu, saya sudah berkoordinasi dengan Pak Erick agar TC lebih cepat. Akhirnya diperbolehkan dan sudah meminta ke klub-klub Indonesia, oke semua kecuali Persija,” imbuh pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

 

4 dari 6 halaman

Dua Laga Penting pada FIFA Matchday

Timnas Indonesia bakal menghadapi tantangan yang tak mudah di FIFA Matchday. Fachruddin Aryanto dkk. akan menjamu dua tim dengan peringkat FIFA yang jauh lebih tinggi, yakni Palestina dan Argentina.

Timnas Indonesia kini menduduki peringkat ke-149. Palestina masuk seratus 100 besar dengan berada di posisi ke-93. Sedangkan Argentina yang berstatus kampiun Piala Dunia 2022 ada di posisi teratas.

Yang terdekat, Timnas Indonesia akan menjamu Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Berikutnya, skuat Garuda bakal menghadapi Argentina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).

 

5 dari 6 halaman

Daftar Pemain yang Sudah Bergabung TC:

1. Fachruddin Wahyudi Aryanto

2. Dendy Sulistyawan

3. Dimas Drajad

4. Sandy Walsh

5. Ivar Jenner

6. Rafael Struick

7. Andy Setyo

8. Marselino Ferdinan

9. Rachmat Irianto

10. Stefano Lilipaly

11. Ricky Kambuaya

12. Marc Klok

13. Edo Febriansyah

14. Syahrul Trisna Fadilah

15. Ernando Ari

16. Elkan Baggott

17. Saddil Ramdani

 

6 dari 6 halaman

Daftar Pemain yang Sudah Bergabung TC:

1. Reza Arya Pratama - PSM Makassar

2. Yacob Sayuri - PSM Makassar

3. Yance Sayuri - PSM Makassar

4. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

5. Rizky Ridho - Persija Jakarta

6. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

7. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

8. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

9. Shayne Pattynama - Viking FK

Video Populer

Foto Populer