Sukses


Timnas Palestina Berlatih di Gelora 10 November, Petinggi Federasinya Terkesan dengan Sejarah Penamaan Stadion

Bola.com, Surabaya - Gebyar sambutan masyarakat Indonesia terhadap kehadiran Timnas Palestina benar-benar meriah. Ungkapan positif dari kedua pihak juga terus terucap menjelang FIFA Matchday.

Timnas Indonesia bakal menjamu Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Pemain Palestina sendiri sudah tiba di Surabaya dan berlatih di Stadion Gelora 10 November pada Minggu (11/6/2023).

Tidak hanya pemain Timnas Palestina, Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA), Susan Shalabi, juga hadir dalam sesi latihan perdana timnya. Ia terkesan dengan stadion yang namanya diambil dari hari bersejarah bagi Indonesia.

"Nama stadionnya adalah 10 November, hari Pahlawan. Bagi kami, itu punya makna besar. Mengenang upaya pendudukan Inggris dan Indonesia mengalahkan mereka," ungkap Susan Shalabi kepada awak media.

“Segalanya sangat luar biasa. Negara Indonesia, setiap orang membantu dan ramah, bahkan di bandara saat kami baru tiba. Kami merasa mendapat cinta. Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi,” imbuhnya di sela melihat Timnas Palestina berlatih.

2 dari 3 halaman

Indonesia adalah Saudara

Susan Shalabi ingin menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang spesial bagi masyarakat Palestina. Dia melihat penamaan stadion itu sebagai cara yang apik untuk mengenang momen bersejarah.

Seperti diketahui, 10 November 1945 merupakan momen penting dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Arek-Arek Suroboyo mampu memukul mundur upaya pendudukan Inggris hingga menewaskan pimpinan tentara Aubertin Mallaby.

Terlepas dari itu, Susan Shalabi sudah terkesan dengan apa yang ditunjukkan masyarakat Indonesia. Banyak kepedulian yang membuat rombongan Palestina merasa terbantu selama sejak hari pertama kedatangan.

“Berada di sini, di Indonesia, negara Anda dan masyarakatnya punya tempat yang spesial di hati kami, orang Palestina. Kami menganggap Indonesia lebih dari teman, bukan hanya tim yang akan kami hadapi,” ucap Susan Shalabi.

“Indonesia adalah saudara kami dan kami senang bisa berada di sini untuk menjalani pertandingan. Tidak ada pemenang atau pecundang di antara kita,” tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Pertemuan Pertama Sejak Asian Games 2018

Pertemuan terakhir keduanya bisa dibilang sudah berlangsung lama atau hampir lima tahun silam. Itu terjadi saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan berada satu grup dengan Timnas Palestina.

Sayang, duel itu berakhir dengan kekalahan bagi Timnas Indonesia dengan skor 1-2 kontra Palestina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 15 Agustus 2018.

Video Populer

Foto Populer