Sukses


Timo Scheunemann Tanggapi Positif Kerja Sama PSSI dengan Liga Sepak Bola Jerman

Bola.com, Jakarta - Pada Jumat (9/6/2023) lalu, PSSI di bawah komando Ketum Erick Thohir resmi menandatangani nota kesepahaman dengan Deutsche Fussbal Liga (DFL).

Dari kerja sama ini nantinya diharapkan Liga 1 Indonesia bisa menjadi kompetisi sepak bola profesional terbaik di Asia Tenggara.

Erick Thohir menjelaskan kolaborasi antara PSSI dengan DFL mencakup enam aspek yang terdiri dari pengembangan usia muda, manajemen kompetisi dan klub, manajemen stadion, keamanan suporter, media, dan lisensi klub.

Muara utama dari kemitraan ini, bertujuan agar Liga 1 semakin berkembang dan menghasilkan para pemain terbaik buat Timnas Indonesia.

"Supaya bisa meningkatkan kualitas kompetisi dan menghasilkan pemain-pemain terbaik di Timnas Indonesia," kata Erick Thohir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kelebihan Sepak Bola Jerman

Kerja sama ini mendapat respons positif dari Timo Scheunemann. Mantan pemain dan pelatih berdarah Jerman ini menilai Liga Jerman masih jadi salah satu yang terbaik di dunia.

"Liga Jerman high class. Hanya karena klub-klub Jerman disiplin tidak belanja melewati batas kemampuan finansial, sehingga pemain bintang Jerman memilih berkarir di Liga Inggris dan Spanyol," tutur Timo.

3 dari 4 halaman

Keuntungan bagi Indonesia

Faktor pengelolaan klub yang tidak jor-joran inilah jadi alasan PSSI ingin mencontoh kebijakan DFL.

"Dari gebyarnya kompetisi Jerman memang tak semegah Liga Inggris dan Spanyol. Tapi finansial klub-klub Jerman lebih sehat. Ini salah satu yang mungkin akan dilakukan di Indonesia," ujar mantan pemain Persiba Balikpapan ini.

4 dari 4 halaman

Demi Timnas Indonesia yang Berkualitas

Timo Scheunemann yang pernah menjabat Kepala Bidang Pembinaan Usia Dini PSSI ini juga menyoroti salah satu poin grassroot yang tercantum dalam kerja sama antara PSSI dan DFL tersebut.

"Kalau bicara pembinaan usia dini, Jerman juga termasuk kategori terbaik di dunia. Muaranya tentu menghasilkan Timnas yang bagus,” lanjut dia.

Ini juga jadi tujuan jangka panjang PSSI. Semoga kerjasama ini berlangsung lama, sehingga Indonesia juga memiliki Timnas kuat," tegas Timo Scheunemann.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer