Sukses


FIFA Matchday antara Timnas Indonesia Vs Palestina, Pengamat: Lebih dari Sekadar Laga Persahabatan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menjamu Timnas Palestina pada FIFA Matchday edisi Juni 2023. Laga ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6/2023) pukul 19.30 WIB.

Secara peringkat FIFA, Timnas Indonesia terpaut cukup jauh dibawah sang calon lawan. Palestina kini berada di posisi ke-93 dunia, sedangkan Tim Merah-Putih menduduki peringkat ke-149.

Laga nanti diprediksi berjalan ketat dan menarik. Sebagai tuan rumah, Indonesia tentu saja mengincar kemenangan demi menaikkan ranking FIFA.

Lebih dari itu, pertandingan ini penuh sarat makna karena hubungan emosional yang terjalin antar kedua negara. PSSI bahkan menjadikan laga ini sebagai misi kemanusiaan, di mana 10 persen dari penjualan tiket akan disumbangkan untuk Palestina.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Laga Kemanusiaan

Duel antara Timnas Indonesia versus Lions of Canaan dibalut dengan kampanye kemanusiaan. Diketahui Indonesia merupakan satu di antara negara yang menginginkan Palestina merdeka.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan laga ini akan menjadi salah satu bentuk nyata sikap Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina. Erick mengatakan Indonesia tetap konsisten dalam mendukung Palestina. Hal ini selaras dengan komitmen Indonesia bahwa kemerdekaan merupakan hak bagi seluruh bangsa.

"Ini pertandingan yang penting bagi Timnas dalam meraih poin, tapi juga ada hal yang sangat penting, ini adalah persahabatan antara dua negara," ujar Erick pada 6 Juni 2023.

"Saya, Pak Wali Kota Surabaya, para Exco PSSI memutuskan seluruh penjualan tiket nanti, 10 persen, kami akan sumbangan untuk perjuangan rakyat Palestina yang hari ini memang masih berjuang," ucap Erick.

3 dari 4 halaman

Bukan Laga Biasa

Hal senada diungkapkan pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional Erwan Hendarwanto. Menurutnya, laga Indonesia melawan Palestina tidak sekadar memperebutkan kemenangan untuk memperbaiki ranking FIFA, melainkan demi misi persaudaraan dan solidaritas kedua negara.

"Melawan Palestina memang selalu jadi pertandingan yang berbeda, ada sisi emosional tersendiri setiap warga Indonesia menyaksikan mereka bertanding di ajang apapun," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Rabu (14/6/2023) pagi WIB.

"Yang jelas pertandingan ini akan menjadi laga yang menarik dan dinantikan, selain pertandingan Timnas Indonesia versus Argentina di FIFA Matchday kedua di GBK mendatang," ujar Erwan Hendarwanto.

4 dari 4 halaman

Dongkrak Peringkat FIFA

Menghadapi Palestina, akan menjadi tantangan yang tak mudah bagi skuad besutan Shin Tae-yong tersebut. Selain secara ranking Palestina lebih unggul, mereka juga memiliki skuad yang mumpuni.

Meski begitu, Erwan Hendarwanto tetap mendoakan Rizky Ridho dkk. dapat memenangkan laga nanti.

"Kalau saya tentu berharap Timnas kita mampu mampu memenangkan pertandingan melawan Palestina. Berapapun skornya," paparnya.

"Semoga bisa memainkan permainan yang cantik dan menghibur. Kalau menang nanti kan penting juga buat mendongkrak peringkat FIFA," lanjut eks pelatih PSIM Yogyakarta itu.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer