Sukses


Relawan Kumpulkan Donasi saat Laga Uji Coba FIFA Matchday Timnas Indonesia Vs Filipina: Datang Langsung dari Gaza

Bola.com, Surabaya - Laga Timnas Indonesia melawan Palestina mampu menjadi momen menujukkan kepedulian terhadap.

Sekelompok volunteer atau relawan menggelar acara donasI di kawasan luar Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023) sore.

Mereka berasal dari organisasi bernama Hope Manarat Welfare Society yang berbasis di Gaza, Palestina. Ya, mereka datang langsung dari Palestina. Ada empat orang yang membuka donasi lewat sebuah kotak amal.

Mereka adalah Mohammed Zaki, Adil Ahmad, dan Huda. Mereka menyapa suporter yang akan masuk ke Stadion GBT. Ada tiga kotak amal yang menampilkan bendera sekaligus foto kondisi di Palestina.

Tak lupa, lantunan ayat suci Al-Qur'an juga mengiringi keberadaan mereka. Mohammed menyebutkan bahwa mereka mendapat undangan untuk hadir dalam pertandingan ini.

"Kami asli warga Gaza. Saya yakin orang Indonesia sudah tahu sendiri lewat media. Banyak dari kami yang membutuhkan bantuan, baik itu makanan atau pakaian. Situasinya sulit dijelaskan," kata Mohammed saat ditemui Bola.com.

"Kami sudah tiba di Indonesia sejak akhir bulan lalu dan tinggal di Jakarta. Kami mendapat undangan dari Kedutaan Besar Palestina, akhirnya kami ke Surabaya. Momen ini begitu penting bagi kami," imbuhnya.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Menarik Perhatian

Keberadaan mereka tentu saja menarik perhatian. Tak jarang, suporter yang lewat memasukkan donasi ke kotak amal. Adil Ahmad lantas turut mendoakan atas amal baik donasi tersebut.

"Saya sangat bersyukur bisa datang ke sini. Saya merasakan banyak cinta dari warga Indonesia untuk Palestina. Kami merasa mendapat dukungan untuk bisa melewati situasi ini," ucap Mohammed.

"Donasi yang kami dapatkan akan kami gunakam untuk membantu warga Palestina. Situasi di Gaza kurang membaik. Kami berusaha membantu lewat cara seperti ini," ujarnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Berikan Sumbangan

Aksi Mohammed dan rekan-rekannya mendapatkan banyak apresiasi dari suporter yang lewat. Sumbangan demi sumbangan membuat suasan jadi meriah. Sayang, komunikasi mereka terkendala bahasa.

"Semua orang Indonesia selalu ada untuk Palestina. Ini hanyalah cara saya untuk membantu. Semoga situasi di sana cepat membaik," ujar Abdul, suporter asal Mojokerto, yang ikut memberi sumbangan ke donasi ini.

Video Populer

Foto Populer