Sukses


Menengok Kembali Kiprah Timnas Indonesia Kontra Negara-Negara Kuat Sebelum Melawan Argentina: Pernah Ladeni Pemilik Juara Piala Dunia 2 Kali

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kembali melakoni FIFA Matchday dengan menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023) malam WIB.

Laga nanti merupakan agend kedua bagi Timnas Indonesia selama FIFA Matchday di bulan Juni 2023. Sebelumnya tim Merah-Putih menahan imbang Palestina 0-0 di Surabaya, Rabu (14/6/2023).

Sementara Argentina yang diperkuat Lionel Messi, menang 2-0 atas Australia juga dalam FIFA Matchday di Beijing, China, Kamis (15/6/2023).

Jauh sebelum agenda bertanding melawan Argentina, Timnas Indonesia lebih dulu pernah menjajal kekuatan negara yang tak kalah punya tradisi apik di sepak bola.

Yuk simak seperti apa kiprah Timnas Indonesia menjajal negara yang kuat dalam sepak bolanya berikut ini.

2 dari 5 halaman

1. Timnas Indonesia Vs Denmark

Timnas Indonesia pernah berkesempatan menjalani laga uji coba melawan Timnas Denmark. Laga itu digelar di Kopenhagen pada 3 September 1974.

Namun, Timnas Indonesia tak berdaya kala itu. Skuad Garuda yang diperkuat Ronny Pattinasarani, Anjas Asmara, dan beberapa legenda lain kalah telak 0-9 dari tuan rumah.

Kekalahan itu sempat lama tercatat sebagai kekalahan terbesar Timnas Indonesia dalam laga internasional. Rekor itu akhirnya pecah saat Garuda kalah 0-10 dari Timnas Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2014.

3 dari 5 halaman

2. Timnas Indonesia Vs Uruguay

Timnas Uruguay datang ke Indonesia pada 2010. Mereka datang dengan status sebagai semifinalis Piala Dunia 2010.

La Celeste pun datang dengan membawa bintang-bintangnya. Ada Luis Suarez, Diego Lugano, Edinson Cavani, Walter Gargano, dan banyak pemain bintang lain yang berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno saat itu.

Timnas Indonesia sempat mengejutkan ketika Boaz Solossa membuka skor pada menit ke-17. Namun, gol Boaz hanya membangunkan raksasa dari tidurnya.

Uruguay membalas tujuh gol. Luis Suarez dan Edinson Cavani masing-masing punya tiga gol. Sementara satu gol yang lain dicetak oleh Sebastian Eguren.

Itu adalah kali kedua Timnas Uruguay datang ke Indonesia. Mereka pernah juga melakukannya pada 1974. Saat itu Tim Merah-Putih tumbang 1-2 dari Uruguay.

Perlu diketahui, Timnas Uruguay adalah negara dengan status pengoleksi gelar juara Piala Dunia sebanyak dua kali. Mereka meraihnya pada Piala Dunia edisi 1930 di rumah sendiri dan 1934 di Brasil

4 dari 5 halaman

3. Timnas Indonesia Vs Belanda

Timnas Belanda datang ke Indonesia pada 2013 dengan kekuatan penuh. Para pemain bintang seperti Robin Van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Dirk Kuyt diboyong ke Jakarta oleh Louis Van Gaal.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Timnas Belanda digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (7/6/2013). Laga itu berkesudahan 0-3 untuk keunggulan tim tamu.

Siem De Jong menjadi kunci kemenangan Belanda saat itu. Siem De Jong yang ketika itu memperkuat Ajax Amsterdam mampu mencetak dua gol ke gawang Kurnia Meiga.

Satu gol lain Timnas Belanda pada laga itu dicetak oleh Arjen Robben lewat tendangan keras kaki kirinya. Laga itu dinikmati oleh puluhan ribu penonton yang hadir di GBK.

Apalagi Belanda menurunkan pemain terbaiknya seperti Robin Van Persie, Arjen Robben, Rafael van der Vaar hingga Welsey Sneijder.

5 dari 5 halaman

4. Timnas Indonesia Vs Kamerun

Timnas Kamerun adalah negara besar terakhir yang pernag berlaga melawan Timnas Indonesia. Tim asal Afrika itu bertanding melawan Garuda pada 25 Maret 2015.

Pertandingan itu digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Sayangnya, tak semua bintang Kamerun hadir di Tanah Air saat itu.

Kondisi itu membuat laga ini tak banyak menarik perhatian pecinta sepak bola Indonesia. Dengan minimnya bintang yang dibawa, Timnas Indonesia pun hanya kalah 0-1 dari Kamerun saat itu.

Satu-satunya gol Timnas Kamerun saat itu dicetak oleh Vincent Aboubakar. Belakangan, Aboubakar menjelma menjadi striker hebat di negaranya.

Video Populer

Foto Populer