Sukses


Jordy Wehrmann, Pemain Keturunan yang Bikin Heboh Publik Tanah Air Selepas Duel Timnas Indonesia Vs Palestina

Bola.com, Jakarta - Jordy Wehrmann kembali menjadi perbincangan hangat pencinta sepak bola Indonesia. Penyebabnya tidak lepas dari penampilan apik striker Rafael Struick saat menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Kok bisa?

Jordy Wehrmann merupakan rekan setim Rafael Struick di klub kasta kedua Liga Belanda, ADO Den Haag, pada musim 2022. Kebetulan Jordy juga memiliki garis keturunan Indonesia, sama seperti Rafael Struick.

Ya, dalam laga persahabatan Timnas Indonesia versus Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (14/6/2023), Struick memang sukses mencuri perhatian publik Tanah Air.

Pemain berusia 20 tahun itu tampil memukau pada laga debutnya. Atas performanya itu banyak yang melempar pujian kepada Rafael Struick. Tak terkecuali, Jordy Wehrmann.

Pujian Wehrmann dilontarkan lewat akun Instagram pribadi Rafael Struick. Sang pemain memberikan komentar dengan emoji api dan love di salah satu unggahan foto Rafael Struick.

Komentar Jordy Wehrmann itupun langsung ramai diserbu netizen di Tanah Air. Tidak sedikit dari mereka yang mengajak pemain berdarah Indonesia-Belanda itu untuk gabung dengan Tim Garuda.

Lantas, siapa sosok Jordy Wehrmann yang sempat membikin heboh publik sepak bola Indonesia pasca-laga Timnas Indonesia versus Palestina? Berikut Bola.com menyajikan informasi tentang pemain berusia 24 tahun tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Hampir Dinaturalisasi

Jordy Wehrmann ternyata pernah menjadi kandidat untuk program naturalisasi Timnas Indonesia. Nama Jordy mengemuka bersama kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi.

Sayangnya, ketika itu proses naturalisasi Wehrmann mandek karena dirinya disibukkan dengan agenda lain.

Lewat YouTube Yussa Nugraha, Jordy Wehrmann mengaku sempat berkomunikasi dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia sebetulnya juga berminat membela Tim Merah-Putih suatu saat nanti.

"Saat itu saya terlalu sibuk mencari klub baru di Belanda. Dan awalnya saya berpikiran baru fokus ke tim nasional (Indonesia) setelah mendapatkan klub baru," beber Jordy Wehrmann.

"Saya ingin sekali membela Timnas Indonesia. Saya sudah memikirkannya dan akan sangat fantastis jika bisa membela Indonesia, akan jadi mimpi yang menjadi kenyataan," lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Pemain Serba Bisa

Jordy Wehrmann kini berstatus sebagai pemain klub kasta teratas Liga Swiss, FC Luzern. Bersama Luzern, Wehrmann bermain sebanyak 20 pertandingan, membukukan dua gol plus satu assist.

Wehrmann merupakan tipe pemain versatile alias pemain serba bisa. Posisi terbaiknya adalah gelandang tengah. Namun, dia juga bisa bermain untuk peran lain.

Transfermarkt mencatat Jordy Wehrmann bisa bermain sebagai bek tengah, gelandang kiri, dan kanan. Hanya, dia jarang bermain pada dua posisi tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Darah Indonesia dari Sang Ibu

Jordy Wehrmann punya darah Indonesia dari sang ibu. Sementara itu, ayahnya adalah orang Belanda asli.

Lewat YouTube Yussa Nugraha, Wehrmann menyebut kakek dan neneknya berasal dari Indonesia. Adapun, ibunya lahir di Belanda.

Meski lahir dan besar di Negeri Kincir Angin, juga meniti karier sepak bola di sana, Wehrmann tetap menjaga ikatan emosional dengan Indonesia.

Jordy Wehrmann sudah tiga kali menyambangi Indonesia dan sering menyantap makanan Indonesia yang dibuat keluarganya.

 

5 dari 5 halaman

Jejak Karier

Karier junior Jordy Wehrmann cukup mentereng. Di usia yang cukup muda, Wehrmann menjadi andalan di Feyenorrd dan promosi ke tim utama.

Dia juga pernah mencicipi pengalaman bermain di Timnas Belanda kelompok usia. Wehrmann tercatat pernah membela Belanda pada ajang Euro U-17 2016.

Saat itu, Timnas Belanda melaju hingga semifinal dan Wehrmann tampil sebanyak 11 pertandingan. Dia juga bermain untuk Belanda di Piala Eropa U-19 2018 dan memainkan satu laga.

Video Populer

Foto Populer