Sukses


Timnas Indonesia Hampir Mustahil Libas Argentina, Beto Goncalves: Yang Penting Cetak Gol Saja

Bola.com, Jakarta - FIFA Matchday antara Timnas Indonesia versus Argentina menarik animo yang begitu besar publik sepak bola nasional, tidak terkecuali para pesepakbola Tanah Air. Penyerang Madura United Beto Goncalves mengaku tidak sabar menyaksikan laga bersejarah ini.

Timnas Indonesia akan menjamu jawara Piala Dunia 2022 Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB. Ini menjadi laga uji coba kedua buat pasukan Garuda Nusantara.

Sebelumnya, Timnas Indonesia bermain imbang dengan Timnas Palestina 0-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6/2023) malam WIB.

Beto Goncalves mengungkapkan sebetulnya dirinya tertarik menonton langsung pertandingan antara Indonesia melawan Tim Tango. Sayang, hal itu tidak terealisasi.

"Saya sebetulnya ingin juga nonton cuma ya saya lagi kerja dan latihan jadi tidak ada waktu. Tapi saya dukung pertandingan Timnas Indonesia versus Argentina, saya dukung semua untuk pemain bermain maksimal dan jadi laga yang fair," ujar Beto Goncalves kepada Bola.com, Senin (19/6/2023).

Saat ini Beto Goncalves memang tengah disibukkan dengan aktivitas latihan bersama Madura United. Klub berjulukan Laskar Sape Kerrap itu sejauh ini intens melakukan persiapan jelang kompetisi Liga 1 2023/2024. Selain melakoni latihan, Beto dkk. juga menjalani rangkaian uji coba.

 

2 dari 4 halaman

No Messi, No Problem!

Laga nanti dipastikan tanpa megabintang Lionel Messi. Mantan pemain Barcelona itu absen karena tengah berlibur di kampung halamannya, Rosario, Argentina.

Meski tanpa La Pulga, Beto Goncalves menilai pertandingan tetap berjalan menarik. Sebab, Argentina tak melulu soal Messi. Masih banyak pemain bintang lainnya yang patut dinanti aksinya.

"Pasti jadi hari spesial buat masyarakat bisa nonton pemain-pemain hebat Argentina. Lionel Messi tidak datang kita enggak usah kecewa karena ini adalah Agentina bukan satu orang dan ada banyak pemain lain juga penting sekali di skuad Argentina waktu mereka juara dunia yang datang ke sini," katanya.

"Saya pikir uji coba ini luar biasa karena bukan semua negara bisa bermain melawan tim besar yang seperti Argentina. Luar biasa karena banyak negara ingin melawan mereka. Ini kesempatan emas untuk Indonesia," sambung penyerang naturalisasi asal Brasil itu.

 

3 dari 4 halaman

Realistis Saja

Per ranking FIFA 6 April 2023, La Albiceleste menduduki nomor satu dunia sejak keluar sebagai kampiun di Qatar. Sedangkan Timnas Indonesia berada di peringkat ke-149.

Melihat fakta di atas, Beto Goncalves memilih bersikap realistis untuk hasil di pertandingan nanti. Yang pasti, dia mendoakan Asnawi Mangkualam dkk. mendapat hasil terbaik.

"Meski kita tahu sangat sulit melawan Argentina semoga Indonesia bisa bermain baik dan cetak gol. Biar nama kita terangkat juga dan bisa naik rankingnya. Semoga bermain maksimal dan semua senang," ucap pemain berusia 42 tahun itu.

"Itu anak-anak yang di Timnas banyak yang mereka anggap seperti mimpi bisa bermain melawan pemain bintang dunia. Akan menjadi pertandingan bersejarah buat masing-masing pemain," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Harus Berhitung Cermat

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, harus berhitung dengan cermat dalam memilih strategi saat menghadapi Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Skuad Garuda kedatangan lawan teratas dalam ranking FIFA dunia. La Albiceleste berada di puncak daftar tersebut setelah merebut juara Piala Dunia 2022.

Walau begitu, ada indikasi mereka tak akan 'serius' pada pertandingan nanti. Para pemain pelapis akan diberikan kesempatan pelatih Argentina, Lionel Scaloni, untuk tampil.

Namun, hal itu tak akan mengurangi daya ledak Argentina. Sejumlah nama beken macam Julian Alvarez hingga Alejandro Garnacho siap mengoyak gawang Timnas Indonesia.

 

Video Populer

Foto Populer