Sukses


Suporter Mengular di SUGBK Jelang Timnas Indonesia Vs Argentina: Dandanan Nyeleneh, Cuti Kerja, dan Calo Berkeliaran

Bola.com, Jakarta - Antusiasme publik sepak bola Tanah Air menyaksikan duel Timnas Indonesia Vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6/2023), luar biasa. Antrian masuk stadion mengular tiga jam jelang laga dihelat.

Kick-off pertandingan antara Timnas Indonesia dan Argentina pukul 19.30 WIB. Akses menuju SUGBK mulai padat merayap pada pukul 17.00.

Sebagian besar suporter yang ditemui Bola.com mengaku amat antusias menonton duel ini. Tim Merah-Putih amat jarang berkesempatan menjajal tim kelas dunia. Maklum, Argentina datang dengan status juara Piala Dunia 2022.

"Setelah masa pandemi corona berakhir, akhirnya masyarakat bisa menyaksikan lagi pertandingan Timnas Indonesia ke stadion. Lawannya enggak sembarangan, Argentina," kaya Rudi Wibowo salah satu pekeria swasta di kawasan Sudirman yang tiba di Senayan sejak tengah hari.

Rudi bela-belain cuti dari pekerjaan buat bisa menonton aksi Tim Garuda kontra Tim Tango.

"Kebetulan saya fan Argentina. Sayang Lionel Messi tidak datang. Namun, Argentina tetap Argentina. Mereka jawara World Cup," katanya.

2 dari 5 halaman

Antusiasme Tinggi Mendukung Tim Garuda

Sejumlah suporter mengekspresikan diri dengan dandanan unik. Sebut saja pria sepuh, Muhammad Kurniawan. Mantan atlet maraton tersebut datang dari Ciawi, Bogor.

Berangkat dari Kota Hujan menggunakan kendaraan umum, pria 65 tahun itu mencat tubuhnya dengan elemen Merah dan Putih.

"Saya jogging dari Cempaka Putih ke sini. Demi Timnas Indonesia saya rela melakukannya. Saya mantan atlet walau sudah tua, saya tetap bisa melakukannya," ungkapnya.

Kurniawan membawa banner berbahasa Spanyol, dengan menyertakan nama kiper Argentina, Emil Martinez, yang jadi pahlawan di final Piala Dunia Qatar lewat drama adu penalti.

Bukan kali ini saja Kurniawan datang ke SUGBK. Dalam event besar, ia selalu menyempatkan diri memberi dukungan langsung ke penggawa Garuda.

Sebelum jadi atlet maraton, Kurniawan sempat jadi pemain bola. Ia sempat berkiprah di klub Indonesia Muda.

PSSI total menyediakan 60 ribu tiket komersial yang penjualannya dibagi per 20 ribu tiket dalam tiga hari pada 5-7 Juni. Kesemuanya sold out.

 

 
3 dari 5 halaman

Banyak Calo Ditangkap

Sejumlah calo penjual tiket Timnas Indonesia melawan Argentina ditangkap jajaran Polda Metro Jaya. Bahkan para pelaku ini menjual bukan tiket asli, melainkan tiket yang telah dipalsukan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, para calo ini sangat merugikan masyarakat. Dengan tiket palsu, masyarakat berpotensi tidak bisa memasuki stadion.

"Kami masih mengungkap atau masih menangkap dan mengamankan oknum-oknum yang melakukan pemalsuan tiket, yang mencetak tiket, memalsukan tiket yang mirip sekali," kata Komarudin kepada wartawan, Senin (19/6).

Komarudin menuturkan, penangkapan dilakukan sejak Minggu. Selain merugikan masyarakat, calo penjual tiket palsu ini juga merugikan SUGBK.

Penonton dengan tiket palsu bila masuk ke dalam stadion bisa membuat kelebihan kapasitas. Kondisi ini bisa merusak fasilitas yang ada.

"Perhatian betul jangan sampai membeli tiket palsu. Sangat mudah dikenali yang palsu dari bahan yang mudah disobek dan ini akan terdeteksi sama petugasnya di pintu-pintu masuk," jelasnya.

 

4 dari 5 halaman

Masih Ada Calo Berkeliaran

Dari pantauan Bola.com, calo-calo masih berkeliaran di berbagai sudut SUGBK. Beberapa di antaranya secara terang-terangan menawarkan langsung ke masyarakat yang berlalu-lalang.

Salah satu calo yang Bola.com temui di sekitar pintu I membuka harga Rp1 juta untuk tiket kategori 3.

"Ditawar tipis-tipis bolehlah," ujar pria bertopi dengan kaos hitam.

Dalam situs resmi penjualan tiket, Kategori 3 dibanderol Rp600 ribu. Sedangkan Kategori 2 seharga Rp1,2 juta, Kategori 1 senilai Rp2,5 juta, dan VIP Rp4,25 juta.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia vs Argentina

Timnas Indonesia vs Argentina

  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan
  • Senin, 19 Juni 2023
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Live: RCTI
  • Live streaming: RCTI+

Video Populer

Foto Populer