Sukses


Tak Kalah dari Messi, Pemain Ini Layak Memakai Nomor 10 di Jersey Argentina saat Mengalahkan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Tanpa Lionel Messi, Timnas Argentina tetap memiliki satu sosok pemain yang memainkan peran nomor sepuluh saat berjumpa Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday Juni 2023.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Senin (19/6/2023) ini, pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni, di atas kertas menerapkan skema 4-3-3.

Dalam skema ini, memang tidak ada pemain yang mendapat tugas secara spesifik untuk bermain sebagai gelandang serang atau posisi nomor sepuluh. Namun, di atas lapangan, situasinya memang terlihat cair.

Salah satu pemain penting di skuad Timnas Argentina yang cukup piawai memainkan peran nomor 10 ini ialah Giovani Lo Celso. Sebetulnya, dia bertugas di lini tengah untuk menemani Exequiel Palacios dan Leandro Paredes.

Namun, jika dilihat dari pergerakannya, Lo Celso memang tampak fleksibel mengisi ruang-ruang kosong di area permainan Timnas Indonesia. Dia bisa berada di kiri, tengah, maupun kanan tergantung situasinya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pergerakan Fleksibel

Peran nomor punggung 10 milik Timnas Argentina memang sangat identik dengan Lionel Messi, setidaknya selama beberapa tahun terakhir. La Pulga, begitu ia kerap dijuluki, menjadi andalan utama untuk mengisi peran ini.

Lionel Messi memang punya kebebasan untuk bergerak di atas lapangan dan mengisi ruang. Kemampuan olah bola, akurasi operan, hingga sepakan yang mematikan jadi atribut yang menunjang tugas-tugasnya.

Pada laga melawan Indonesia, fleksibilitas Lo Celso memang cukup terlihat. Dia bisa berada di area mana saja ketika anak asuh Lionel Scaloni berusaha membongkar pertahanan Indonesia.

3 dari 4 halaman

Kreator Peluang Terbanyak

Peran sebagai pemain nomor 10 ini memang mampu dijalankan dengan baik oleh Giovani Lo Celso. Gelandang Tottenham Hotspur yang dipinjamkan ke Villarreal ini cukup piawai menciptakan peluang.

Dia tak hanya mampu menjaga alur distribusi serangan di area sepertiga akhir lapangan, tetapi juga menghasilkan peluang bagi rekan-rekannya yang lain. Itu dibuktikan dari statistiknya selama bermain 2x45 menit.

Dari catatan LapangBola.com, pemain berusia 27 tahun ini sukses menghasilkan lima peluang alias chances created. Jumlah ini menjadi yang tertinggi dibandingkan semua pemain yang tampil pada laga Timnas Indonesia versus Argentina.

Selain itu, Lo Celso juga sukses menciptakan satu assist, tepatnya ketika eksekusi sepakan pojoknya pada menit ke-56 sukses ditanduk oleh Cristian Romero menjadi gol kedua La Albiceleste.

4 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

FIFA Matchday 2023

  • Timnas Indonesia Vs Argentina (0-2)
  • Pencetak Gol: Leandro Paredes (38’) dan Cristian Romero (55’)
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Senin, 19 Juni 2023
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer