Sukses


3 Momen Menarik Shin Tae-yong Pimpin Timnas Indonesia Vs Argentina: Aksinya Mengundang Respek

Bola.com, Jakarta - Laga FIFA Matchday antara Argentina melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023) masih jadi pembahasan. Kekalahan 0-2 yang dialami Indonesia dianggap sudah bagus, karena Asnawi Mangkualam dkk. sudah memberikan perlawanan.

Di balik laga kemarin, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga mendapat pujian. Pelatih asal Korea Selatan ini menaruh skema bertahan dan membuat penyerang Argentina tak punya banyak ruang.

Bisa dilihat bahwa dua gol Argentina dicetak oleh gelandang Leandro Paredes dan stoper Cristian Romero. Maklum, Shin Tae-yong merupakan pelatih kelas dunia dengan pernah menangani Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Salah satu capaiannya adalah mengalahkan Jerman dua gol tanpa balas. Sepertinya, pemain Argentina mengetahui pengalaman Shin Tae-yong dalam pertandingan kemarin

Termasuk ada momen di mana pemain Argentina menaruh respek kepada pelatih 52 tahun ini. Selain itu, ada juga dua momen lain dimana Shin Tae-yong juga menaruh respek tinggi kepada juara Piala Dunia 2023 tersebut.

Berikut tiga momen Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia menghadapi Argentina.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mengalah Perihal Tempat Latihan

Argentina mendapat keistimewaan dari PSSI dalam FIFA Matchday ini. Bahkan ada beberapa keutamaan yang diberikan justru melebihi apa yang didapatkan Timnas Indonesia. Salah satunya tempat latihan.

Argentina bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno, untuk berlatih selama dua hari sebelum pertandingan. Sementara, Indonesia hanya latihan di Lapangan A Senayan. Namun, Shin Tae-yong tak iri dengan perlakuan ini.

Dia menganggap itu hal yang wajar. Karena mendatangkan tim ranking satu dunia harus disertai dengan fasilitas terbaik. Dia tak ambil pusing dengan hal itu. Shin Tae-yong tetap bisa menjalankan program latihan meski di lapangan yang kualitasnya di bawah SUGBK.

3 dari 5 halaman

Jabat Tangan dengan Dua Pemain Argentina

Sebelum kick off, ada momen dimana pelatih Argentina yang memberikan respek kepada Shin Tae-yong. Seperti biasa, sebelum pemanasan, kedua tim masuk lapangan untuk melihat kondisi lapangan.

Shin Tae-yong lebih dulu melihat kondisi kedua gawang. Ketika melintasi tengah lapangan, ada dua gelandang utama Argentina yang sedang berbincang. Yakni Leandro Paredes dan Rodrigo De Paul. Melihat Shin Tae-yong mendekat, Paredes lebih dulu mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan. Lalu diikuti dengan De Paul.

Vidio momen ini beredar luas di media sosial. Karena tidak sedikit awak media dan penonton yang sudah berada di lapangan waktu itu. Sepertinya, pengalaman Shin Tae-yong bersama Korea Selatan di Piala Dunia 2018 membuat pemain Argentina respek.

4 dari 5 halaman

Larang ke Ruang Ganti Sebelum Hormati Suporter

Usai pertandingan, ada momen respek lainnya. Kali ini dilakukan Shin Tae-yong kepada suporter yang memenuhi SUGBK. Tepatnya saat tim hendak masuk ke ruang ganti. Mendadak dia melarang pemain untuk masuk locker room lebih dulu.

Shin Tae-yong memimpin anak buahnya untuk memberikan tepuk tangan kepada suporter sambil berjalan di lintasan pinggir lapangan. Hal itu membuat suporter membalasnya dengan tepuk tangan.

Momen ini juga banyak beredar di media sosial. Para suporter yang mengabadikan sikap respek Shin Tae-yong dari tribune.

5 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan

FIFA Matchday 2023

  • Timnas Indonesia Vs Argentina (0-2)
  • Pencetak Gol: Leandro Paredes (38’) dan Cristian Romero (55’)
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Senin, 19 Juni 2023
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer