Sukses


Timnas Indonesia Rampung Hadapi Argentina di FIFA Matchday, Presiden Jokowi Apresiasi Peran Erick Thohir

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo takjub dengan keberhasilan Timnas Indonesia menghadapi Timnas Argentina pada laga FIFA Matchday. Jokowi secara khusus memberikan pujian terhadap peran besar dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Presiden Jokowi menyempatkan diri menonton pertandingan Timnas Indonesia menghadapi Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (19/6/2023) malam WIB. Jokowi ditemani ibu negara, Iriana, dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Sayangnya, Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Argentina pada laga tersebut. Meski demikian, Jokowi menyebut Timnas Indonesia mendapatkan pelajaran berharga karena menghadapi tim berstatus juara bertahan Piala Dunia 2023.

"Ini mendatangkan tim besar seperti ini, apalagi ranking pertama kan bukan barang yang mudah kalau Ketua PSSI-nya bukan Pak Erick Thohir. Ini kita harus ngomong apa adanya," kata Presiden Jokowi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Beri Pujian

Presiden Jokowi secara khusus memberikan pujian kepada Timnas Indonesia. Menurut Jokowi, kalah 0-2 dari tim sekaliber Argentina merupakan pencapaian yang tidak buruk-buruk amat.

"Ini Argentina, sekali lagi ranking pertama dan kita 149. Hanya kebobolan 2 gol, luar biasa," ucap Jokowi.

"Sehingga kita semakin banyak pengalaman. Tim kita semakin banyak berkompetisi, semakin banyak pengalaman," tegas Jokowi.

3 dari 5 halaman

Tanpa Kemenangan

Timnas Indonesia tak berhasil meraih kemenangan pada edisi FIFA Matchday Juni 2023. Pasukan Shin Tae-yong sebelumnya bermain imbang 0-0 melawan Palestina (14/6/2023).

Bermain imbang melawan Palestina membuat Timnas Indonesia mendapatkan 1,77 poin. Adapun kekalahan dari Argentina membuat Timnas Indonesia kehilangan 0,45 poin.

Pengurangan poin yang tak banyak karena mengacu pada status lawan yang dihadapi. Seperti diketahui, Timnas Argentina saat ini menjadi pemuncak ranking FIFA.

4 dari 5 halaman

Turun Peringkat

Bermain imbang lawan Palestina dan kalah dari Argentina sebenarnya tak berdampak banyak pada Timnas Indonesia. Namun, skuad Merah Putih harus turun peringkat karena ada pesaing yang berada di dekatnya meraih kemenangan.

Timnas Indonesia turun ke posisi 150 ranking FIFA. Penyebabnya adalah, Bostwana melesat ke posisi 147 yang membuat adanya pergeseran peringkat di bawahnya.

Pencapaian itu diraih Bostwana setelah mengalahkan Libia dengan skor 1-0 pada Kualifikasi Piala Afrika 2023. Kemenangan itu membuat Bostwana meraup 15,07 poin dan naik peringkat.

5 dari 5 halaman

Belum Resmi

Hitungan di atas merupakan prakiraan manual dari peringkat Timnas Indonesia. FIFA belum merilis daftar ranking terbaru karena periode FIFA Matchday baru berakhir pada 20 Juni 2023.

Masih ada pertandingan-pertandingan yang dimainkan negara peserta FIFA. Setelah itu, butuh waktu buat FIFA untuk mengkalkulasikan poin-poin yang bakal memengaruhi peringkat tim.

Agenda FIFA Matchday selanjutkan akan digelar pada periode September 2023. Periode laga persahabatan digelar pada 4-12 mendatang.

Video Populer

Foto Populer