Sukses


Riko Simanjuntak Ternyata Masih Simpan Hasrat untuk Kembali Perkuat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ambisi Riko Simanjuntak untuk membela Timnas Indonesia masih besar. Di usia yang telah menginjak 31 tahun, winger Persija Jakarta itu menolak mengibarkan bendera putih.

Riko Simanjuntak tidak dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk FIFA Matchday Juni 2023 melawan Timnas Palestina dan Timnas Argentina.

Shin Tae-yong menyertakan 26 pemain ketika Timnas Indonesia mengimbangi Palestina 0-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 14 Juni 2023.

Lima hari berselang, Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Senin (19/5/2023).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sempat Comeback

Padahal, Riko Simanjuntak sempat comeback ke Timnas Indonesia tatkala di FIFA Matchday Maret 2023 tatkala dua kali menghadapi Timnas Burundi. Dia dua kali masuk sebagai pengganti dengan total 27 menit.

"Soal kembali ke Timnas Indonesia, semua pencapaian tertinggi pesepak bola adalah di timnas," ujar Riko di Jakarta International Exco (JIExpo), Jakarta Utara, Kamis (22/6/2023).

"Bisa masuk Timnas Indonesia adalah pencapaian luar biasa. Itu tidak ada harganya karena suatu pencapaian yang fantastis," imbuh Riko.

 

3 dari 3 halaman

Ingin Buktikan Masih Layak

Sejak debut bersama Timnas Indonesia pada 2018, Riko baru 11 kali tampil. Pemain berjulukan Si Kancil itu membukukan empat assist dan nihil gol.

Sementara di Persija, Riko dikenal sebagai raja pengumpan yang berujung gol. Mantan pemain PSMS Medan dan Semen Padang itu mencatatkan 61 assist plus sepuluh gol dari 157 penampilan.

"Kalau di sepak bola Indonesia yang sudah mengenal Riko itu tahu bagaimana saya bermain. Jadi, tergantung pelatih yang mempunyai selera masing-masing," ungkap Riko.

"Yang penting, saya bekerja keras di Liga 1 dan menunjukkan bahwa saya layak masuk Timnas Indonesia," terang pesepak bola berpostur 158 cm tersebut.

Video Populer

Foto Populer