Sukses


Bikin Bangga! SUGBK Masuk Daftar Stadion Terbaik di Dunia, Kalah dari Kandang MU dan Ungguli Markas Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk daftar 10 besar stadion terbaik yang ada di dunia. Menurut penelitian Ticketgum yang dilansir The Sun, SUGBK ada di peringkat kedelapan.

Penelitian itu dilakukan Ticketgum terhadap 140 stadion yang tersebar di seluruh dunia. Aspek penilaian yang dilihat mereka adalah kapasitas tempat duduk, rata-rata gol tercipta, rata-rata kehadiran suporter per bulan, penilaian di google, pencarian global terhadap stadion, dan jumlah atensi yang didapat di media sosial.

Mengacu pada penilaian di atas, SUGBK menempati urutan kedelapan dengan indeks skor 71,91. Jumlah itu membuat SUGBK mengungguli penilaian yang diterima Santiago Bernabeu di urutan kesembilan dengan nilai 71,91.

SUGBK merupakan stadion kebanggaan masyarakat Indonesia. Stadion ini dibangun pada 1960 dan sudah mengalami sekali renovasi pada 2016-2018 saat akan menjadi venue Asian Games.

2 dari 4 halaman

Stadion Mineirao Jawaranya

Stadion Mineirao dinobatkan sebagai stadion terbaik di dunia versi Ticketgum. Stadion di Brasil itu memiliki indeks skor sebesar 83,40.

Sementara itu, posisi kedua dihuni Celtic Park (Skotlandia) dengan nilai 80,74. Adapun Stadion Wembley (Inggris) melengkapi peringkat tiga besar dengan nilai 79,45.

Adapun markas Manchester United yakni Old Trafford ada di urutan ketujuh. Old Trafford memiliki nilai 73,98.

3 dari 4 halaman

Unggahan The Sun

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by The Sun Football (@thesunfootball)

4 dari 4 halaman

Sejarah SUGBK

Sebelumnya SUGBK bernama Stadion Utama Senayan. Pembangunan stadion Gelora Bung Karno ini bermula dari terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah ASIAN Games IV 1958. 

Seusai Itu, Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno mencanangkan pembangunan stadion yang digunakan untuk venue kompetisi tersebut. Stadion Gelora Bung Karno dimulai pada tanggal 8 Februari 1960.  Selesai dibangun pada tanggal 21 Juli 1962.

Friederich Silaban merupakan sang arsitek pembangunan Stadion Gelora Bung Karno.  Perdana Menteri Uni Soviet, Nikita Kruschev, turut hadir dalam acara dimulainya pembangunan Stadion Gelora Bung Karno.

Awalnya, Stadion Gelora Bung Karno ini memiliki jumlah kursi sebanyak 110.000 penonton. Namun efek dari renovasi, maka kini stadion ini berkurang jumlah kursinya menjadi 88.000 kursi.

Video Populer

Foto Populer