Sukses


Kabar Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri: Jordi Amat Catat Assist Pertama di Malaysia

Bola.com, Johor Bahru - Sejumlah pemain Timnas Indonesia bertanding di kompetisi luar negeri dalam beberapa hari terakhir. Jordi Amat, misalnya, yang mencatatkan assist pertama untuk Johor Darul Ta'zim (JDT).

Jordi Amat bermain sebagai kapten dan 90 menit ketika JDT membantai Kuala Lumpur City FC 6-1 dalam pekan ke-15 Liga Super Malaysia 2023 di Sultan Ibrahim Stadium, Johor Bahru, Senin (3/7/2023).

Enam gol JDT dicetak oleh hattrick Diogo Luis Santo pada menit ke-12, ke-35, ke-44, Arif Aiman Hanapi menit ke-13, Safiq Rahim ke-86, dan Akhyar Abdul Rashid ke-88.

Jordi Amat memberikan assist untuk gol kedua JDT lewat Arif Aiman. Bek berusia 31 tahun itu melepaskan umpan jarak jauh yang gagal dihalau lini pertahanan Kuala Lumpur City FC.

2 dari 5 halaman

Selalu Jadi Starter

Bersama JDT di Liga Super Malaysia musim ini, Jordi Amat selalu bermain sebagai starter dalam 15 pertandingan. Palang pintu kelahiran Spanyol itu hanya dua kali diganti.

Bek Timnas Indonesia lainnya, Shayne Pattyana, bertanding selama 90 menit ketika Viking FK mengalahkan Valerenga 2-1 dalam pekan ke-12 kasta teratas Liga Norwegia pada 1 Juli 2023.

 

3 dari 5 halaman

Cukup Solid

Pattynama bermain cukup solid di lini belakang. Pesepak bola berusia 24 tahun itu tampil agresif di pos bek sayap kiri, baik dalam membantu serangan maupun bertahan.

Di Liga Norwegia musim ini, Pattyanam sudah bermain sebelas kali dengan statistisk satu gol dan dua assist. Dia selalu bermain, kecuali ketika absen pada pekan kedua akibat akumulasi kartu.

4 dari 5 halaman

Bermain untuk Timnas Indonesia

Jordi Amat dan Pattynama sama-sama baru kembali ke klubnya setelah membela Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina dalam FIFA Matchday pada 19 Juni 2023.

Khusus Pattynama, pemain berusia 24 tahun itu melakoni debut bersama Timnas Indonesia. Namun, pesepak bola keturunan Semarang, Jawa Tengah, itu hanya bertanding 45 menit ketika menghadapi Argentina.

5 dari 5 halaman

Melawan Argentina

Bek berdarah Spanyol ini sempat melakukan blunder di babak pertama, tepatnya menit ke-29. Momen ini saat tendangan gawang dan bola diberikan kepada Jordi Amat.

Namun, bola yang ada di kakinya lepas dari jangkauan hingga bola jatuh ke kaki pemain Argentina, Facundo Buonanotte. Pemain nomor punggung 27 itu pun menggocek bola dan melepas tembakan, tapi masih bisa diamankan Elkan Baggott.

Bola muntah lantas, disambar oleh striker Julian Alvarez. Lagi-lagi, Timnas Indonesia masih beruntung karena Asnawi Mangkualam bisa mengamankannya.

Kesalahan fatal yang dilakukan oleh Jordi Amat ini sempat jadi sorotan publik karena Timnas Indonesia hampir saja kebobolan lewat dua peluang itu.

 

Video Populer

Foto Populer