Sukses


Sempat Salah Paham, Bima Sakti Ingin Pastikan Welberlieskott Jardim Pegang Paspor Indonesia Sebelum Bela Timnas Indonesia U-17

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, membuka kemungkinan untuk memanggil pemain berdarah Indonesia yang saat ini berseragam tim muda Sao Paulo di Brasil, Welberlieskott de Halim Jardim.

Namun, Bima Sakti ingin lebih dulu menelusuri garis keturunan pemuda yang karib dipanggil Welber itu, seperti asal-usul orang tuanya hingga memegang paspor Indonesia atau tidak.

Bima Sakti memang menetapkan syarat wajib mempunyai paspor Indonesia bagi pemain diaspora yang ingin dipanggil ke Timnas Indonesia U-17, demi berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

"Ya, kami menghubungi beberapa pemain diaspora melalui orang tua hingga agennya. Terutama lewat orang tuanya. Kami mau mendata," ujar Bima Sakti.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Luruskan Kabar

Bima Sakti juga meluruskan kabar yang beredar terkait miss komunikasi dengan keluarga Welber yang diwakili ayahnya, Elisangelo Liu.

Bima Sakti disebutkan memanggil Welber melalui keluarganya, tidak lewat Sao Paulo. 

Namun belakangan, PSSI dikabarkan telah mengirimkan surat dan Bima Sakti sudah mendapatkan lampu hijau dari Sao Paulo untuk menyertakan Welber ke Timnas Indonesia U-17.

3 dari 6 halaman

Ayahnya Mantan Pemain Asing Liga Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Welberlieskott (@welber07official)

"Menurut saya, mungkin keluarga Welber sempat salah paham. Pikirnya, kami langsung memanggil Welber," ungkap Bima Sakti.

"Nanti kalau memang benar-benar sudah sesuai dengan persyaratan, ada keturunan dari orang tuanya entah ayah atau ibunya dan memiliki paspor Indonesia, baru ada surat dari PSSI," jelasnya.

Welber lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 25 April 2007. Ayahnya, Elisangelo de Jesus Jardim adalah mantan pemain asing di Liga Indonesia yang pernah membela Persiba Balikpapan.

4 dari 6 halaman

Bek Kanan

Sementara ibunya, Lielyana Halim, asli dari Banjarmasin. Saat ini, Welber bermain sebagai bek sayap kanan untuk Sao Paulo U-16.

"Welber bermain sebagai bek sayap kanan, meski pun dia juga sangat kapabel bermain di posisi gelandang sebagai pemain box to box," tutur Tenaga Ahli Menpora Bidang Potensi Pemuda dan Diaspora, Hamdan Hamedan, beberapa waktu lalu.

5 dari 6 halaman

Panggil 6 Pemain Diaspora

Sementara itu, Bima Sakti menyertakan enam pemain diaspora dalam training center di Jakarta mulai Senin (10/7/2023) untuk menatap Piala Dunia U-17 2023.

Namun, Bima Sakti tidak mengungkap identitas enam pemain keturunan yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 tersebut.

Tim Garuda Asia bakal melakukan training center selama enam pekan sebagai persiapan awal menuju Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023.

Bima Sakti memanggil total 34 pemain ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 menyongsong Piala Dunia U-17 2023, dengan menggunakan sistem promosi dan degradasi.

6 dari 6 halaman

Belum Semua Hadir

Namun, belum semua pemain diaspora telah bergabung dengan Timnas Indonesia U-17. Bima Sakti mengatakan sejumlah pesepak bola keturunan baru bisa merapat pada besok atau lusa.

"Ada sekitar enam pemain diaspora yang kami panggil. Ada beberapa pemain yang belum bisa hadir karena memang persoalan jarak," ujar Bima Sakti.

"Mereka kan dari negara-negara di Eropa. Jadi perlu waktu. Kemungkinan pada 11 atau 12 Juli 2023 mereka akan hadir," jelas Bima Sakti.

Video Populer

Foto Populer