Sukses


BRI Liga 1: Carlos Fortes Terpaksa Absen saat Mulai Gacor, Pelatih PSIS Ungkap Rencananya

Bola.com, Semarang - Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, harus memutar otak untuk mencari pemain yang tepat menggantikan penyerang asingnya, Carlos Fortes, pada beberapa pekan berikutnya di BRI Liga 1 2023/2024.

Sebab, Carlos Fortes dipastikan harus menjalani hukuman larangan bermain setelah mendapatkan kartu merah pada laga antara PSS Sleman kontra PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (21/7/2023).

Striker asal Portugal ini mendapatkan kartu merah langsung dari wasit M Erfan Efendi pada menit ke-32. Penyebabnya, Fortes sempat terlibat friksi dengan gelandang PSS Sleman, Wahyudi Hamisi.

Jika Wahyudi Hamisi harus mandi lebih cepat karena kartu kuning kedua, Fortes justru mendapat kartu merah langsung. Hukuman ini tentu akan diiringi sanksi larangan bermain dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

2 dari 5 halaman

Pelatih PSIS Ingin Lihat di Tayangan Ulang

Gilbert Agius mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu menyaksikan tayangan ulang pertandingan untuk melihat friksi antara Fortes dan Hamisi secara lebih jelas. Sebab, kejadiannya berlangsung begitu cepat.

“Kami tentu harus melihat terlebih dahulu jalannya pertandingan ini dan membuat analisis. Lalu kami baru memikirkan untuk laga berikutnya setelah sudah dianalisis,” kata Gilbert Agius dalam sesi konferensi pers seusai laga, Jumat (21/7/2023).

“Sebelum saya melihat tayangan ulang pertandingan ini, saya belum bisa memberikan penjelasan apa pun, terutama soal rencana pertandingan berikutnya,” juru taktik asal Malta itu menambahkan.

3 dari 5 halaman

Siapkan Alternatif

Absennya Carlos Fortes jelas sangat merugikan PSIS Semarang. Pasalnya, penyerang berusia 28 tahun itu menjadi tumpuan utama Mahesa Jenar dalam membobol gawang lawan di BRI Liga 1 musim ini.

Sebelum diganjar kartu merah, Fortes sempat mencetak satu gol pada menit ke-24. Dengan kata lain, kini dia sudah menghasilkan empat gol dari empat pertandingan. Jumlah ini sudah melampaui catatannya musim lalu yang hanya mencetak tiga gol.

Gilbert mengatakan, dia tak ingin ambil pusing dengan situasi ini. Sebab, ia percaya pemain lainnya bisa menggantikan peran Fortes untuk mengoyak jala gawang lawan.

“Jika Carlos Fortes harus absen karena hukuman larangan bermain ini, maka kami harus mencari pemain lain yang bisa bermain,” kata pelatih berusia 49 tahun itu.

4 dari 5 halaman

Fortes Paling Dominan

Dibandingkan nama-nama pemain lainnya, Carlos Fortes menjadi pencetak gol yang paling dominan di skuad Mahesa Jenar. Sebab, dari total tujuh gol yang sudah dihasilkan dari tiga laga, Fortes menyumbang empat di antaranya.

Artinya, Fortes menghasilkan lebih dari separuh gol PSIS pada awal musim ini. Selain itu, ada nama Paulo Gali Freitas yang menyumbang dua gol serta Boubakary Diarra dengan koleksi satu gol.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Peta Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer