Sukses


Penunjukan Frank Wormuth sebagai Konsultan Pelatih Timnas Indonesia U-17 Disebut Sudah Tepat

Bola.com, Yogyakarta - Frank Wormuth ditunjuk sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17 pada 23 Juli 2023. Wormunth akan mendampingi Bima Sakti meracik skuad di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember.

PSSI mengontrak pria asal Jerman itu selama empat bulan atau hingga Piala Dunia U-17 2023. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan penunjukan Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17, diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan strategi permainan Tim Merah-Putih menuju Piala Dunia U-17.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu empat bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17," ujar Erick Thohir.

"Kami akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun Timnas Indonesia U-17," sambung Menteri BUMN tersebut.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Langkah Tepat

Penunjukan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17 disambut positif pencinta sepak bola Tanah Air. Mereka berharap hadirnya mantan asisten pelatih Joachim Low di Fenerbahce itu dapat mengangkat prestasi Tim Garuda Asia.

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, menyebut keputusan PSSI mengangkat Wormuth sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17 adalah langkah yang tepat.

Menurut Erwan, rekam jejak pria berusia 62 tahun itu tak perlu dipertanyakan lagi. Sederet klub pernah ditanganinya, seperti Union Berlin, VfR Aalen, ketua instruktur federasi sepak bola Jerman, Timnas Jerman U-20, Heracles Almelo, dan terakhir FC Groningen.

Selama memimpin Timnas Jerman U-20, Frank Wormuth mengorbitkan sejumlah pemain macam Antonio Rudiger yang kini membela Real Madrid, Julian Brandt (Borussia Dortmund), Niklas Sule (Borussia Dortmund), hingga Mahmoud Dahoud (Borussia Dortmund).

"Untuk Timnas U-17 dengan penunjukan Frank Wormuth saya pikir sudah sangat dipertimbangkan oleh PSSI dan juga tim pelatih timnas, tentunya bukan asal-asalan," kata Erwan kepada Bola.com, Rabu (26/7/2023) pagi WIB.

"Karena dalam proses seleksi saya juga melihat keterlibatan banyak mantan pemain dan legend Timnas Indonesia dalam membantu proses seleksi untuk mendapatkan pemain-pemain terbaik," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Jaring Pemain Muda Berbakat

Saat ini, PSSI memang tengah menggelar seleksi di sembilan daerah untuk mencari pemain demi Piala Dunia U-17 2023. Langkah ini diambil lantaran waktu menuju turnamen usia muda bergengsi itu tinggal empat bulan lagi.

Dengan waktu yang relatif singkat itu PSSI ingin terbentuk skuad yang mumpuni. Nantinya, pemain yang terpilih akan bergabung dalam pemusatan latihan bersama beberapa pemain yang sudah ada di Timnas U-17.

Setelah itu, skuad Garuda Muda bakal terbang ke Eropa untuk menjalani pemusatan latihan. Di sana, mereka juga dijadwalkan melakoni rangkaian uji coba. Hal ini dilakukan demi memantapkan persiapan menuju Piala Dunia U-17.

4 dari 4 halaman

Lebih Baik Lagi

Yang pasti, Erwan Hendarwanto berharap kedatangan Wormuth bisa meningkatkan kualitas permainan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 yang digelar di Indonesia itu.

"Semoga kehadiran Frank Wormuth akan menambah kekuatan Timnas U-17 di tim kepelatihan, sehingga mulai proses seleksi sampai persiapan yang saat ini terus dilakukan dapat hasil yang sesuai diharapkan," ucap pelatih asal Magelang itu.

"Tentunya harapan kita semua di ajang Piala Dunia U-17 nanti bisa mendapatkan prestasi terbaik untuk Timnas Indonesia U-17," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer