Sukses


Kalah Tipis dari Kashima Antlers, Shin Tae-yong Akan Ikut Evaluasi Performa Timnas U-17

Bola.com, Denpasar - Timnas Indonesia U-17 atau yang untuk sementara bernama Garuda United U-17, menutup uji coba di Bali dengan kekalahan. Sebelumnya Timnas Indonesia U-17 kalah 0-3 saat menghadapi Barcelona Juvenil A di Stadion Ngurah Rai Denpasar.

Di laga uji coba terakhir menghadapi Kashima Antlers, Timnas Indonesia U-17 kembali menelan kekalahan. Iqbal Gwijangge dkk kalah dengan skor 2-3. Padahal Timnas Indonesia U-17 sempat unggul 1-2.

Dua gol Timnas Indonesia U-17 dicetak oleh Figo Denis Saputrananto dan M. Riski Afrizal. Tiga gol dari Kashima Antlers dicetak oleh Haruto Matsumoto dan brace dari pemain pengganti Koji Oyama. Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti Tukiman menilai anak asuhnya sudah mengalami perkembangan yang baik meskipun mengalami kekalahan.

"Sudah ada progress yang baik dibandingkan saat pertandingan Rabu kemarin. Build up organisasi juga lebih baik. Hanya saja kami kecewa karena tiga gol dari set piece," ucapnya usai pertandingan.

"Memang kami sedikit kesulitan mencari video pertandinganm mereka untuk kami lakukan analisa. Kami hanya dapat informasi sedikit ada pemain di Timnas Jepang. Kami lengah di set piece," tambahnya.

 

2 dari 4 halaman

Turunkan Pemain Inti

Saat menghadapi Kashima Antlers, hampir bisa dipastikan starting XI adalah kerangka tim untuk Piala Dunia U-17. "Di pertandingan kedua ini, kami lebih mengutamakan pemain yang menjadi tulang punggung nanti untuk persiapan Piala Dunia. Kerangka tim sudah ada dan tinggal mencari tambahan pemain lain saja," ucapnya.

Ia juga tetap berkomunikasi dengan Konsultan Pelatih Timnas Indonesia U-17 Frank Wormuth dan Indra Sjafri. Menurutnya, Frank akan memberikan hasil evaluasi Timnas Indonesia U-17 kali ini kepada Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

"Coach Frank sudah memonitor. Sudah melakukan konsultasi untuk saya dan juga mengirimkan program ke Coach Shin Tae-yong untuk memberikan masukan bagi kami," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya Menuju Solo

Tidak ada waktu istirahat untuk Timnas Indonesia U-17. Usai dua kali uji coba menghadapi Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers, Aaron Liam Suitela dkk akan bertolak ke Solo pada Senin (7/8/2023) untuk melakukan pemusatan latihan lanjutan.

"Kami akan pindah ke Solo dan rencananya Senin berangkat. Kami akan melakukan satu kali uji coba disana," bebernya singkat.

 

4 dari 4 halaman

Pujian Pelatih Kashima Antlers

Meskipun Timnas Indonesia U-17 kalah, tetapi tetap mendapatkan pujian dari Pelatih Kashima Antlers Mitsuo Ogasawara. "Mereka luar biasa. Kami merasa kesulitan melawan Timnas Indonesia U-17. Tapi seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit kami bisa menemukan performa terbaik dan comeback dengan sisa waktu yang ada," bebernya.

Mitsuo pun yakin Timnas Indonesia U-17 akan lebih berkembang sebelum Piala Dunia U-17 berlangsung. Ia yakin skuad asuhan Bima Sakti tersebut bisa berbicara banyak di Piala Dunia U-17 yang akan dimulai pada November mendatang.

"Ke depannya, tim ini akan berbicara banyak di Piala Dunia U-17. Pertandingan kali ini bagi kami juga sulit. Saya amati juga ada dua pemain yang punya kemampuan diatas rata-rata. Tapi saya lupa nomor punggungnya. Secara umum, permainan Timnas Indonesia U-17 luar biasa," tutupnya.

Video Populer

Foto Populer