Sukses


Persija Buka Suara terkait Kabar Teuku Razzaa Fachrezi Gabung Rayo Vallecano: Masih Proses, Belum Ofisial

Bola.com, Jakarta - Wakil Presiden Persija Jakarta, Ganesha Putera, buka suara terkait kabar Teuku Razzaa Fachrezi yang akan bergabung dengan klub Spanyol, Rayo Vallecano U-21.

Teuku Razzaa Fachrezi adalah penyerang dari Persija Jakarta U-20. Pemain berusia 19 tahun ini juga pernah menjadi anggota Timnas Indonesia U-19 pada tahun lalu.

"Memang ada pembicaraan soal itu. Pada dasarnya, kami sangat mengapresiasi dan sekarang sedang dikerjakan soal administrasinya," ujar Ganesha.

"Tapi, semuanya masih proses. Jadi, artinya belum ofisial secara administrasi. Legal dan formalnya belum," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Direktur Persija Development ini.

2 dari 7 halaman

Belum Pernah Main untuk Persija

Sejak bergabung dari Persikabo 1973 pada 2021, Teuku Razzaa Fachrezi belum pernah bermain untuk tim senior Persija Jakarta. Dia menghabiskan banyak waktunya untuk tim U-20.

Teuku Razzaa Fachrezi mengaku mendapatkan kontrak setahun dari Rayo Vallecano U-21, klub yang berkompetisi di Tercera Federacion alias kasta kelima Liga Spanyol 2023/2024.

Teuku Razzaa Fachrezi lahir di Jakarta pada 4 Juni 2004. Usianya masih 19 tahun. Ayahnya adalah Teuku Arlan Perkasa Lukman, mantan Komite Eksekutif (Exco) Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) periode 2019-2023.

Situs NOC Indonesia menarasikan Teuku Arlan Perkasa Lukman sebagai peneliti dan profesional di industri minyak dan gas bumi. Dia juga adalah CEO PT Oneprix Motorsport Management (OMM) yang menggelar OnePrix.

3 dari 7 halaman

Persija Mendukung

Ganesha mengungkapkan, meski Teuku Razzaa Fachrezi bukan menjadi bagian dari tim senior Persija, pihaknya turut terlibat dalam pembicaraan kepindahannya ke Rayo Vallecano U-21.

"Pembicaraan pastinya melibatkan semua pihak. Sebab, kami selalu berkomunikasi dengan banyak pihak," tutur Ganesha.

"Jadi, ketika ada kesempatan ini, kami melihat kesempatan yang baik ini untuk pemain. Ya why not? Begitu saja sederhananya," imbuh Ganesha.

4 dari 7 halaman

Masuk Timnas Indonesia U-18 pada 2021

Teuku Razzaa Fachrezi mulai mendapatkan kesempatan masuk timnas U-18 pada 2021 ketika pelatih Shin Tae-yong memanggilnya untuk pemusatan latihan (TC) pada November di tahun yang sama.

"Di debut saya seleksi Timnas Indonesia U-18 ini perasaan saya bangga dan ini merupakan pembuktian saya untuk bisa lebih baik lagi," kata Teuku Razzaa medio akhir 2021.

"Saya mempersiapkan fisik dan mental untuk ikut TC ini, dengan bermain di kompetisi Elite Pro Academy, dan latihan mandiri," terangnya.

5 dari 7 halaman

Cetak 1 Gol

Teuku Razzaa Fachrezi bertahan di timnas U-18, yang berganti nama menjadi Timnas Indonesia U-19, untuk Piala AFF U-19 2022 pada 2-15 Juli 2023 di Jakarta dan Bekasi.

Teuku Razzaa Fachrezi mencetak satu gol untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Namun, penampilannya di sepanjang turnamen dinilai kurang maksimal oleh netizen karena kerap melakukan kesalahan dan membuang peluang.

6 dari 7 halaman

Gagal Berlanjut ke Timnas Indonesia U-20

"Mungkin saya kurang tenang. Saya mendapatkan banyak pengalaman kali ini, ini juga merupakan debut saya di Timnas Indonesia U-19," papar Teuku Razzaa Fachrezi ketika itu.

"Mungkin saya masih dalam proses, semoga saya bisa membuktikan yang lebih baik lagi. Kritik itu menjadi motivasi," imbuh pemain kelahiran Jakarta ini.

Sesudahnya, Teuku Razzaa Fachrezi gagal masuk skuad timnas U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Piala Asia U-20 2023, hingga persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023.

7 dari 7 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer