Sukses


Cerita Kurnia Meiga: Baru Tahu Nama Penyakitnya, Sempat Ditangani 5 Dokter Spesialis dan Dianggap Tidak Sakit

Bola.com, Jakarta - Enam tahun sudah Kurnia Meiga meninggalkan lapangan hijau. Gangguan penglihatan yang dimulai pada 2017 membuat kiper Timnas Indonesia dan Arema FC itu harus puasa panjang dari dunia sepak bola.

Belakangan Kurnia Meiga mulai terbuka mengenai kondisinya kepada publik. Dalam wawancara di kanal YouTube Grace Tahir, Meiga ternyata baru mengetahui nama penyakit yang menyerang matanya, yaitu Papiledema.

"Selama ini dokter hanya bilang penyakit langka, tetapi tidak disebutkan namanya," ujar Meiga dalam wawancara tersebut.

Papiledema merupakan penyakit yang memang merenggut penglihatan karena terjadi pembengkakan syaraf optik mata.

Dari informasi yang dihimpun Bola.com, Papiledema dipicu beberapa sebab. Seperti cedera di kepala, pendarahan dalam otak, tekanan darah tinggi, meningitis dan lainnya. Penyakit itu bisa berakibat kepada kebutaan permanen.

“Sebelumnya, saya tidak pernah cedera di kepala atau sakit lainnya,” tegas Kurnia Meiga yang masih membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Awal Mula Sakit

Kurnia Meiga kemudian bercerita mengenai gejala awal yang dialaminya pada 2017. Bahkan ia mengaku muntah beberapa jam sebelum gejala di matanya mulai terasa.

"Saat itu bulan Agustus. Setelah makan malam saya tidur, kemudian pukul 1 dini hari saya bangun dan muntah. Namun, mata masih normal. Sekitar jam 7 pagi, terasa mual. Siang harinya, mata saya seperti ada tirai yang menutup," ungkap Meiga.

Awalnya Meiga ragu ada gangguan di penglihatannya, karena sempat kembali normal. Namun, ketika berkedip, matanya seperti kembali tertutup tirai. Ia hanya bisa melihat bayangan, kondisi itu yang hingga saat ini dirasakannya.

"Saya hanya bisa melihat bagian ujung, seperti juling, tidak bisa baca dan hanya melihat bayangan saja. Jadi kalau ada gerakan masih bisa tahu," ujar mantan kiper yang kini sudah berusia 33 tahun itu.

 

3 dari 5 halaman

5 Dokter Spesialis Menangani, tapi Dianggap Tidak Sakit

Ketika itu, Kurnia Meiga berada di Malang karena masih membela Arema FC dan menjalani Liga 1 2017. Ketika itu, Singo Edan akan menggelar pertandingan kandang melawan PSM Makassar, tepatnya pada 30 Agustus 2017.

"Ketika itu saya periksa ke rumah sakit di Malang, dan minta tolong istri untuk memberi kabar kepada pelatih Arema FC kalau saya tidak enak badan. Saya tidak tahu itu sakit mata sesaat atau berkepanjangan, karena secara fisik, kecuali mata, saya sehat," ungkap pemain terbaik ISL 2010 itu.

Namun, ternyata gangguan penglihatan yang dialaminya bukan gejala sesaat. Selama 6 hari awal, ia ditangani 5 dokter spesialis.

Namun, bukannya sembuh, Meiga malah diizinkan pulang karena dianggap tidak ada masalah. Ini membuatnya makin panik karena penglihatannya masih terganggu.

4 dari 5 halaman

Berbagai Upaya Medis hingga Alternatif

Setelah keluar dari rumah sakit, Kurnia Meiga dan istrinya tidak putus asa. Segala upaya pengobatan, baik medis dan alternatif, pun diambil.

Bahkan Meiga sempat merantau ke Mojokerto selama berbulan-bulan untuk menjalani pengobatan alternatif, lantaran ada yang menyebut Meiga terkena guna-guna atau ilmu hitam.

"Pengobatan medis, alternatif termasuk akupuntur sudah dicoba semua. Sudah jalani terapi, tetapi tidak ada hasil," ujar Meiga.

Ia mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan pengobatan. Hingga ketika ada kebutuhan mendesak, Meiga harus menjual medali dan atribut yang dimilikinya semasa aktif bemain untuk Timnas Indonesia dan Arema.

Sumber: YouTube Grace Tahir

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer