Sukses


Lusail Stadium Resmi Jadi Venue Laga Pembuka dan Final Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan panitia lokal Piala Asia 2023 telah menunjuk Lusail Stadium sebagai arena laga pembuka dan babak final turnamen itu. Pengumuman itu secara resmi dikeluarkan oleh AFC di situs resmi mereka.

Lusail Stadium adalah stadion yang menjadi arena final Piala Dunia 2022. Saat itu Timnas Argentina mampu mengalahkan Prancis lewat adu tendangan penalti pada laga itu.

Lusail Stadium memiliki kapasitas 88 ribu kursi. Stadion itu akan menjadi salah satu arena terbesar yang pernah digunakan dalam sejarah Piala Asia.

"Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Komite Penyelenggara Lokal Piala Asia Qatar 2023 (LOC) hari ini mengonfirmasi bahwa pertandingan pembuka dan final yang ditunggu-tunggu dari Piala Asia edisi mendatang akan dimainkan di salah satu arena pertandingan terbesar yang pernah ada dalam sejarah turnamen," bunyi rilis dari AFC.

2 dari 4 halaman

Qatar Vs Lebanon

Laga pembuka Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari 2023. Laga itu akan digelar di Lusail Stadium.

Pada pertandingan itu, sang tuan rumah Timnas Qatar akan menghadapi tantangan dari sang tetangga, Timnas Lebanon. Menariknya, Lusail Stadium hanya akan menggelar dua laga di sepanjang Piala Asia 2023.

Selain laga pembuka, Lusail Stadium juga akan menjadi arena laga final Piala Asia 2023 yang akan diselenggarakan pada 10 Februari 2023.

3 dari 4 halaman

Setara GBK

Menariknya, dalam rilis tersebut, AFC menyebut Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Kandang Timnas Indonesia itu sempat memiliki kapasitas lebih dari 88 ribu penonton.

GBK masih bisa menampung jumlah penonton sebesar itu saat menjadi tuan rumah final Piala Asia 2007. Namun, setelah dilakukan renovasi, stadion itu kini hanya bisa menampung sekitar 77 ribu penonton.

"Dengan kapasitas 88.000, Stadion Lusail akan menjadi salah satu arena pertandingan terbesar dalam sejarah Piala Asia setelah Stadion Aryamehr Teheran, yang menampung 100.000 penonton selama final tahun 1976 antara Republik Islam Iran dan Kuwait, dan Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta dengan kapasitas 88.083 yang menyelenggarakan tujuh pertandingan pada 2007," jelas AFC.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

  • 15 Januari 2023: Timnas Indonesia Vs Timnas Irak (Education City Stadium, Al Rayyan)
  • 19 Januari 2023: Timnas Vietnam Vs Timnas Indonesia (Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan)
  • 24 Januari 2023: Timnas Jepang Vs Timnas Indonesia (Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan)

Video Populer

Foto Populer