Sukses


Kapten Persebaya Bicara Rumor Sang Ayah Jadi Kandidat Pelatih Arema FC di BRI Liga 1

Bola.com, Surabaya - Rivalitas dalam keluarga banyak menghiasi persaingan BRI Liga 1 2023/2024. Hal ini melibatkan kapten Persebaya Surabaya, Ze Valente, dengan sang ayah Fernando Valente.

Fernando Valente kini sedang dirumorkan bakal menangani Arema FC yang notabene adalah rival Persebaya. Pelatih berpaspor Portugal itu bahkan sudah tiba di Indonesia dan menyaksikan pertandingan Singo Edan.

Fernando Valente kedapatan hadir saat Arema bermain imbang 2-2 kontra Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (20/8/2023). Rumor ini semakin berembus kencang, namun belum ada pernyataan resmi dari manajemen Arema.

Ze Valente pun angkat bicara soal kabar ini. Dia juga sudah tahu bahwa ada rumor yang mengiringi kabar ayahnya bakal menjadi pelatih Arema. Lantas, apakah Fernando Valente memang akan menangani Singo Edan?

“Saya mendengar beberapa rumor tentang itu. Tapi, saya tidak bicara mengenai hal itu. Saya bermain untuk Persebaya, saya hanya bicara soal Persebaya dan pekerjaan saya, bukan Arema,” kata Ze Valente kepada awak media, Senin (21/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Update soal Liga Indonesia

Ze Valente mengaku masih kerap berkomunikasi dengan ayahnya. Menurutnya, Fernando banyak mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia sejak dia mulai berkarier pada musim 2022/2023 bersama PSS Sleman.

“Dia tahu banyak hal tentang Liga 1. Dia selalu mengikuti pertandingan saya, dan beberapa pertandingan dari tim lain. Saya bermain di sini, dia suka mengikuti perkembangan Liga 1,” ucapnya.

“Biasanya dia hanya mengirim pesan setiap sebelum pertandingan, mendoakan saya, meminta saya menikmati pertandingan. Bukan soal taktik atau lainnya. Hanya pesan singkat setiap sebelum pertandingan,” imbuh pemain berusia 29 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Tugas Berat

Jika benar-benar menukangi Arema, Fernando Valente bakal memiliki tugas yang berat. Sebab, tim asal Malang itu kini sedang terpuruk di dasar klasemen hanya dengan tiga poin dalam sembilan laga dan belum pernah menang.

Ze Valente memang lahir dari keluarga sepak bola. Sang ayah merupakan seorang pelatih di sebuah klub di negara asalnya, Portugal.

Itu dimulai pada 2009, saat Fernando Valente menangani USC Paredes. Ze Valente lantas mulai menimba pengalaman bersama klub kasta ketiga Portugal itu bersama sang ayah.

4 dari 5 halaman

Kiprah Ze Valente

Ze lantas masuk ke tim senior Paredes pada 2012. Kariernya sempat menanjak dengan bergabung CD Aves, klub kasta kedua Portugal pada 2013-2017. Tapi, dia kembali berkiprah di kasta ketiga bersama FC Vizela pada 2017-2019.

Dia kemudian pernah hijrah ke Siprus membela Doxa Katokopias pada 2019-2020. Namun, dia lantas kembali ke negara asalnya dengan bergabung GD Estoril Praia (2020-2021) dan FC Penafiel (2021-2022).

Baru pada 2022, dia mencoba peruntungan dengan berkarier di Indonesia. PSS Sleman jadi tujuannya, tapi hanya bertahan di putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023. Memasuki putaran kedua, Persebaya merekrutnya.

5 dari 5 halaman

Lihat Peta Persaingan BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer