Sukses


Pesona Pratama Arhan: Putra Daerah Blora, Bintang Timnas Indonesia, hingga Jadi Menantu Politisi Senayan

Bola.com, Jakarta - Tak banyak pemain Indonesia yang mau berkarier di luar negeri. Pratama Arhan menjadi satu dari sedikit pemain yang berani mengambil risiko itu.

Pratama Arhan sejak Maret 2022 menjadi bagian dari Tokyo Verdy. Sampai saat ini Arhan masih berjuang mendapatkan jatah bermain secara reguler di klub J2 League tersebut.

Pratama Arhan belakangan menjadi perbincangan yang menarik. Bukan karena sepak bola, tetapi karena keputusannya untuk menikah pada usia yang masih 21 tahun.

Menariknya, Arhan menikahi sosk yang tak biasa. Eks pemain PSIS Semarang itu menikahi wanita bernama Nurul Azizah Rosiade, putri dari anggota DPR RI, Andre Rosiade.

Akad nikah Pratama Arhan berlangsung pada Minggu (20/8/2023) di sebuah masjid yang ada di Tokyo, Jepang. Tokoh-tokoh penting hadir pada acara akad yang berlangsung cukup sederhana itu.

Termasuk Erick Thohir dan Sufmi Dasco yang menjadi saksi pernikahan Pratama Arhan dengan Nurul Azizah. Hadir pula tokoh sepak bola nasional seperti Indra Sjafri, Zainudin Amali dan banyak lagi yang lain.

2 dari 5 halaman

Mengejutkan

Keputusan Pratama Arhan untuk naik pelaminan dengan Azizah sebenarnya cukup mengejutkan. Sebab, banyak yang tahu bahwa pemain berusia 21 tahun itu sebelumnya masih menjadi kekasih Marshella Aprilia.

Namun, hubungan keduanya kandas di tengah jalan pada tahun ini. Setelah itu, Arhan bergerak cepat dengan memilih Azizah Salsha sebagai pasangan hidupnya.

Banyak pihak yang menaruh perhatian pada pernikahan bek kiri andalan Timnas Indonesia ini. Termasuk Presiden Republik Indonesia (RI), Jokowi. Pria asal Solo itu turut berharap perkawinan keduanya dapat langgeng dan rukun.

3 dari 5 halaman

Anak Desa

Pratama Arhan kini dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik yang dimiliki sepak bola Indonesia. Ia juga terus menjadi andalan di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia.

Jauh sebelum itu, Pratama Arhan adalah anak desa biasa yang bermimpi menjadi pesepakbola profesional. Arhan lahir dan besar di Blora, Jawa Tengah.

Ibunda Arhan yang bernama Suharti bahkan memiliki cerita menarik mengenai putranya. Suharti mengaku hanya bisa membelikan Arhan sepatu dengan harga yang sangat murah yakni Rp25 ribu.

Pratama Arhan memang lahir dari keluarga yang sederhana. Sang ibu hanya berjualan sayur untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga dan juga membantu Arhan untuk mewujudkan mimpi menjadi pesepakbola.

4 dari 5 halaman

Dibesarkan PSIS

Pratama Arhan pernah memperkuat beberapa SSB di Blora, Jawa Tengah. Bakatnya pun tercium oleh PSIS Semarang. Ia bergabung dengan akademi pemain muda Mahesa Jenar pada 2018.

PSIS Semarang adalah klub pertama Pratama Arhan du level profesional. Arhan tampil apik selama membala PSIS.

Kemampuannya sebagai bek kiri mulai diakui. Lemparan ke dalam keras yang menjadi ciri khasnya kini pun mulai terlihat saat ia memperkuat PSIS Semarang.

Pratama Arhan meninggalkan PSIS Semarang pada awal Maret 2022 untuk menerima tawaran dari klub Jepang, Tokyo Verdy.

5 dari 5 halaman

Karier Masih Panjang

Pratama Arhan kini masih berusia 21 tahun. Kariernya di sepak bola seharusnya masih sangat panjang. Arhan bisa dikatakan masih berada pada fase awal kariernya.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 12 di Timnas Indonesia itu saat ini masih belum bisa mendapatkan menit bermain secara reguler di Tokyo Verdy.

Namun, Arhan tak boleh menyerah. Pernikahannya dengan Nurul Azizah Rosiade seharusnya bisa semakin menambah motivasinya di lapangan.

Video Populer

Foto Populer