Sukses


BRI Liga 1: Arema Terancam Kehilangan Sang Bomber saat Hadapi Persikabo

Bola.com, Jakarta Arema FC memperlihatkan ketergantungannya pada sosok striker asal Brasil, Gustavo Almeida.

Sudah 9 gol yang diciptakannya. Termasuk dua gol yang membuat tim berjuluk Singo Edan bisa menahan Persija Jakarta 2-2 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (20/8/2023).

Namun, ada persoalan tersendiri yang kini dihadapi Arema. Gustavo menghilang dari sesi latihan di Stadion Gajayana, Malang, Selasa  (22/8/2023). Top skorer sementara Liga 1 itu mengalami cedera di bagian lututnya.

“Dia masih pemulihan kondisi,” kata pelatih karetaker Arema, Kuncoro.

Sebuah kerugian besar jika Gustavo absen saat melawan Persikabo 1973. Dari 9 pertandingan, hanya dia yang bisa mencetak gol untuk Arema FC. “Kami berharap dia bisa bermain saat melawan Persikabo. Tapi akan dilihat juga kondisi terakhirnya seperti apa,” lanjutnya.

2 dari 5 halaman

Siapa Penggantinya?

Selanjutnya, Arema menjalani laga kandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (28/8/2023).

Laga itu mengalami penundaan sehari karena Bali United menggunakan stadion yang sama saat melawan Barito Putera, Minggu (27/8/2023). Ini juga jadi keuntungan bagi Singo Edan. Mereka punya waktu tambahan untuk mengembalikan kondisi Gustavo.

Dikonfirmasi terpisah, fisioterapi Arema, Reta Arroyan mengakui Gustavo mengalami cedera ketika menghadapi Persija. Waktu itu dia mengalami benturan lutut ketika dihadang pemain lawan di pertengahan babak kedua. Gustavo mendapatkan perawatan di lapangan. Namun dia bisa melanjutkan hingga pertandingan rampung.

“Saat ini, kondisi Gustavo 65 persen. Di sekitar lututnya ada sedikit bengkak akibat benturan di pertandingan sebelumnya,” jawabnya. Tentu Arema akan mengupayakan agar penyerang tajamnya bisa tampil melawan Persikabo.

Jika terpaksa harus absen, Arema menyiapkan antisipasinya. Ada tiga pemain yang bisa dipasang menggantikan Gustavo, yakni Charles Lokolingoy, Greg Nwokolo dan Dedik Setiawan. Ketiganya sebenarnya bukan penyerang murni. Namun mereka diyakini punya insting gol bagus.

3 dari 5 halaman

Sedang On Fire

Di sisi lain, kepercayaan diri Arema FC meningkat setelah pekan 9 setelag meraih satu poin yang baru didapat di kandang Persija Jakarta, Minggu (20/8/23). Sebelumnya, tim Singo Edan ini menelan tiga kekalahan beruntun.

Pelatih karetaker Arema, Kuncoro mengakui jika timnya mulai membaik. Meskipun di klasemen, mereka belum beranjak dari dasar klasemen dengan 3 poin. “Dalam situasi sekarang, dapat satu poin di kandang Persija sebuah hal yang positif. Perkembangan tim signifikan,” katanya.

Itu jadi modal Arema menatap laga selanjutnya melawan Persikabo 1973 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Sebuah keuntungan didapat Singo Edan dari segi jadwal. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda sehari laga itu. Semula digelar Minggu, menjadi Senin (28/8/2023). Penyebabnya, pertandingan tersebut berbenturan dengan laga kandang Bali United melawan Barito Putera di tempat yang sama.

Arema sebagai tim musafir, harus mengalah. Dan itu jadi kesempatan Singo Edan untuk melakukan persiapan lebih matang. Apalagi mereka bakal ditangani pelatih baru, Fernando Valente sejak Rabu (23/8/2023).

“Kami sudah dapat kabar jika pertandingan melawan Persikabo mundur sehari. Tidak masalah. Itu bisa dimaksimalkan untuk lebih lama melakukan persiapan. Ada pelatih baru juga di sini,” imbuh Kuncoro.

4 dari 5 halaman

Pelatih Baru

Perlu diketahui, Fernando sudah mengamati langsung permainan Arema saat pertandingan melawan Persija di Stadon Patriot, Bekasi. Dia belum bisa menangani tim karena masih proses mengurus dokumen imigrasi.

Tapi, sore nanti dokumen itu dikabarkan sudah rampung. Jadi, pelatih 64 tahun asal Portugal itu bisa memimpin latihan di Stadion Gajayana, Malang. “Sepertinya nanti pelatih yang baru sudah bisa memimpin latihan,” tegas Kuncoro.

Selama beberapa hari di Indonesia, Fernando baru melakukan pengamatan tentang karakter pemain Arema. Komunikasi dengan para assisten pelatih Arema juga sudah dilakukan. Namun, mantan pelatih Estoril U-23 (Portugal) ini belum memberikan program latihan kepada Kuncoro dkk.

“Komunikasi sudah dilakukan. Tapi dia baru meminta informasi tentang karakter pemain. Belum membahas sepakbola, taktik dan strategi,” terangnya. 

 

5 dari 5 halaman

Posisi Arema

Video Populer

Foto Populer