Sukses


Melihat Kembali Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Vietnam di Semifinal Piala AFF U-22 2019: Sebiji Gol Spesial Luthfi Kamal

Bola.com, Rayong - Timnas Indonesia U-23 tampil apik di Piala AFF U-23 2023. Skuad Garuda Muda mampu menembus final turnamen usia muda tersebut.

Di partai puncak, Timnas Indonesia U-23 sudah ditunggu oleh Vietnam. Keduanya akan mencoba saling mengalahkan dalam laga yang akan digelar di Rayong Provincial Stadium, Thailand pada Sabtu (26/8/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 menyandang status underdog pada laga final itu. Terutama ketika melihat komposisi pemain dan performa di fase grup Piala AFF U-23 2023.

Namun, Timnas Indonesia U-23 tak perlu gentar mengharai Vietnam. Sebab, ada rekor apik yang pernah dicatatkan Garuda Muda kala menghadapi skuad muda The Golden Stars.

Hasil positif itu terjadi pada semifinal Piala AFF U-22 2019. Saat itu tim yang ditukangi Indra Sjafri meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam.

 

2 dari 4 halaman

Gol Indah Luthfi Kamal

Pada laga yang digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja itu, Timnas Indonesia U-22 menang 1-0. Gol tunggal skuad Indra Sjafri dicetak oleh Luthfi Kamal.

Menariknya, Luthi mencetak gol itu dengan cara yang spesial. Gol itu datang dari eksekusi tendangan bebas yang sangat cantik.

Bola sepakan Luthfi Kamal sempat membentur pagar hidup yang dibangun oleh Vietnam. Bola kemudian berbelok dan menyulitkan kiper skuad Muda The Golden Stars saat itu, Phan Van Bieu.

3 dari 4 halaman

Juara

Kemenangan 1-0 atas Vietnam pada babak semifinal membawa Timnas Indonesia U-22 melaju ke babak final Piala AFF U-22 2019. Gelar juara saat itu berhasil diraih oleh Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-22 mampu meraih gelar juara setelah menang 2-1 atas Thailand. Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay menjadi pencetak gol untuk Garuda Muda pada laga itu.

Sejarah yang terjadi pada Piala AFF U-22 2019 itu seharusnya bisa memotivasi skuad asuhan Shin Tae-yong untuk menang atas Vietnam pada Sabtu (26/8/2023) malam.

4 dari 4 halaman

Berubah Nama

Piala AFF U-22 tak ada lagi. Turnamen itu berubah nama dan format menjadi Piala AFF U-23 sejak 2022.

Sejauh ini baru ada tiga tim yang pernah menjadi juara di ajang Piala AFF U-23. Mereka adalah Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

Menariknya, tiga tim itu berbagi dengan masing-masing satu gelar. Sementara itu negara besar lain seperti Malaysia belum pernah menjadi juara para turnamen usia muda tersebut.

Video Populer

Foto Populer