Sukses


Shin Tae-yong Panggil 3 Pemain Terhukum ke Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, PSSI Bersurat ke AFC

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tetap memanggil tiga pemain terhukum untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Ketiganya adalah Titan Agung, Taufany Muslihuddin, dan Komang Teguh.

Ketiganya dijatuhi sanksi larangan bertanding enam kali oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) buntut keributan dengan Timnas Thailand U-22 ketika membela timnas U-22 di babak final SEA Games 2023.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat kepada AFC untuk bertanya mengenai status tiga pemain itu.

Sebelumnya, PSSI diberi tahu bahwa hukuman untuk Titan, Taufany, dan Komang berlaku untuk uji coba. Maka dari itu, ketiganya absen memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 Thailand.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berlaku di Friendly Match

PSSI pernah menjelaskan bahwa Piala AFF U-23 2023 dianggap AFC masuk kategori friendly match sehingga ketiganya telah menjalankan skorsing empat partai sesuai jumlah laga Timnas Indonesia U-23 dalam turnamen tersebut.

Khusus untuk Titan dan Komang, keduanya juga didenda Komite Disiplin (Komdis) dan Etika AFC sebesar 1.000 dolar AS atau setara dengan Rp15 juta.

"Mendasari permintaan dari Shin Tae-yong, saya sudah bersurat kepada AFC untuk memastikan apakah tiga pemain itu bisa bermain atau tidak," ujar Sumardji.

3 dari 5 halaman

Konfirmasi Ulang Pengertian Friendly Match

"Berkaca dari sanksi di artikel sebelumnya yang telah dikirim, hukumannya adalah friendly match. Pengertian friendly match ini yang ingin kami pastikan," tutur Sumardji.

"Kalau kami baca, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ini masuk kalender FIFA. Maka, berkaitan dengan pemain yang disanksi, untuk lebih memastikan."

"Begitu mendapatkan pemain-pemain yang akan dipakai untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, saya langsung berkoordinasi dengan Komisi Disiplin dan Etika AFC," jelas Sumardji.

4 dari 5 halaman

Tuan Rumah Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 akan menjadi tuan rumah Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada 6-12 September 2023.

Timnas Indonesia U-23 bakal meladeni perlawanan Timnas Chinese Taipei U-23 pada 9 September 2023 dan Timnas Turkmenistan U-23 pada tiga hari berselang.

Tim berjulukan Garuda Muda itu ditargetkan untuk lolos ke Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2023.

5 dari 5 halaman

Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

  • Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Daffa Fasya, Nuri Agus Wibowo
  • Bek: Komang Teguh, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Rio Fahmi, Akbar Arjunsyah, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan
  • Gelandang: Arkhan Fikri, Dzaky Asraf, Fajar Fathur Rahman, Taufany Muslihuddin, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Beckham Putra Nugraha, Dony Tri Pamungkas, Rayhan Hannan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Victor Dethan
  • Penyerang: Rafael Struick, Titan Agung, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

Video Populer

Foto Populer