Sukses


Mengintip Kedalaman Lini Tengah Timnas Indonesia Jelang Vs Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 24 pemain telah masuk daftar pemanggilan Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia menghadapi ajang FIFA Matchday bulan September 2023.

Timnas Indonesia akan menghadapi laga FIFA Matchday pada 8 September bersua Turkmenistan. Laga itu rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Sebanyak 24 pemain ini akan berkumpul mulai tanggal 4 September mendatang. Pada pemanggilan ini juga ada pemain-pemain yang saat ini tengah bermain di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC).

Menariknya, ada tiga pemain yang baru pertama merasakan pemanggilan ke skuad Timnas Indonesia senior. Mereka adalah Aji Kusuma, Riyan Kurnia, dan Wahyu Prasetyo.

Selain itu ada pula pemain yang melakukan comeback ke Timnas Indonesia. Ada Egy Maulana Vikri, Adam Alis, dan Nade Argawinata yang kembali bisa mendapatkan panggilan ke Skuad Garuda.

Satu di antara hal yang menarik adalah komposisi lini tengah Timnas Indonesia dalam pemanggilan STY kali ini. Yuk simak ulasan dari Bola.com berikut ini.

2 dari 5 halaman

Jaminan Kualitas

Dalam daftar gelandang yang dipilih Shin Tae-yong kali ini, nama Marc Klok dan Stefano Lilipaly menjadi dua figur utama. Pemain naturalisasi itu sudah punya jam terbang paling tinggi di antara pemain tengah lainnya yang ada di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Stefano Lilipaly adalah pemain langganan Timnas bahkan sejak ia dinaturalisasi Agustus 2013. Sudah 29 kali ia berseragam Garuda Nusantara. Artinya ia menjadi salah satu yang senior di Timnas Indonesia saat ini.

Kemudian ada Marc Klok memiliki jumlah capas 15 kali bersama Timnas Indonesia di level senior. Ia juga menjadi andalan di klubnya Persib Bandung. Klok sangat sulit tergantikan baik di tim Merah-putih maupun Persib.

Kepiawaian Klok terletak pada daya jelajah yang tinggi, umpan akurat, dan spesialis set piece yang baik. Hampir sama dengan kemampuan Stefano Lilipaly yang beroperasi sedikit lebih menyerang.

3 dari 5 halaman

Tambah Jam Terbang

Mari kita bergeser ke pemain lain yang mengisi slot para gelandang. Ada nama Adam Alis, Ricky Kambuaya, dan Egy Maulana Vikri.

Ketiganya sudah sering mondar-mandir masuk Timnas Indonesia. Terutama Egy Maulana Vikri, yang sempat absen saat FIFA Matchday bulan Juni 2023. Sejak debutnya di Timnas senior pada 2018, Egy sudah 17 kali mengenyam pengalaman bertanding.

Memanggil Ricky Kambaya juga cukup tepat bagi Shin Tae-yong. Kambuaya sendang moncer di Dewa United, sementara pengalamannya di Timnas senior cukup banyak dengan 27 kali menurut Transfermarkt.

Kemudian ada nama Adam Alis yang sudah menjadi andalan sejak debut di Timnas senior pada 2021. Walau baru memainkan 4 kali dengan Timnas Indonesia senior, ia bisa dicoba untuk memperkaya lini tengah pasukan Shin Tae-yong. Performanya sedang apik bersama Borneo FC di BRI Liga 1, dan diharapkan dapat menular ke tim Merah-putih.

4 dari 5 halaman

Potensi Debutan

Dari daftar pemain Tengah yang ada di Timnas Indonesia terbaru, ada nama Ryan Kurnia. Inilah pemain muda yang patut ditunggu aksinya.

Untuk pertama kalinya pemain asal Bogor berusia 27 tahun itu dipanggil Timnas Indonesia dan langsung ke level senior. Ryan Kurnia sedang mengkilap bersama Persib Bandung di BRI Liga 1.

Ia mencatat delapan kali tampil di musim ini dan mencetak satu gol. Rasanya ia bisa menjadi pilihan menarik untuk mewarnai kedalaman lini tengah STY.

5 dari 5 halaman

Daftar Skuad Timnas Indonesia

Daftar 24 Pemain Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday September 2023

Kiper: Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna, Reza Arya Pratama

Bek: Jordi Amat, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Edo Febriansyah, Andy Setyo, Wahyu Prasetyo, Yance Sayuri, Shayne Pattynama, Sandy Walsh

Gelandang: Yakob Sayuri, Ryan Kurnia, Rachmat Irianto, Marc Klok, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Adam Alis, Stefano Lilipaly, Ricky Kambuaya

Penyerang: Dendy Sulistyawan, Aji Kusuma, Dimas Drajad

Video Populer

Foto Populer