Sukses


FIFA Matchday: Mengulas 5 Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia yang Disiapkan Menghadapi Turkmenistan

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil sebanyak 24 pemain dalam FIFA Matchday periode September 2023. Garuda akan menghadapi Timnas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya (8/9/2023).

Para pemain ini akan dikumpulkan untuk menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) pada Senin, 4 September 2023. Agenda TC digelar di Surabaya, Jawa Timur.

Sederat nama yang disertakan dalam laga persahabatan ini merupakan langganan Timnas Indonesia plus beberapa pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri.

Adapun dari 24 pemain, lima di antaranya berstatus pemain naturalisasi. Mereka adalah Stefano Jantje Lilipaly dari Borneo FC, Jordi Amat Maas (Johor Darul Ta'zim FC), Shayne Elian Jay Pattynama (Viking FK),Sandy Henny Walsh (KV Mechelen), dan Marc Anthony Klok (Persib Bandung).

Kehadiran pemain keturunan tentu akan menambah kekuatan Timnas Indonesia. Kemampuan serta pengalaman mereka sangat dibutuhkan di skuad Garuda.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Nama pertama ada Stefano Lilipaly. Gelandang serang kelahiran Arnhem, Belanda itu total memiliki 29 caps di Timnas Indonesia senior. Belakangan Lilipaly mulai mendapat tempat di Timnas Indonesia.

Sebelumnya, pemain berusia 33 tahun itu juga dipanggil oleh Shin Tae-yong dalam FIFA Matchday periode Juni melawan Palestina dan Argentina. Namun, saat itu dia sama sekali tidak diturunkan.

Pemanggilan ini tak lepas dari penampilan Stefano Lilipaly bersama Borneo FC di BRI Liga 1 2023/2024. Dia membukukan lima gol plus enam assist dari 10 laga yang dimainkan.

Gelandang berpostur 175 cm itu cukup agresif dalam bertahan dan seorang pemain yang kreatif. Menarik ditunggu penampilan Lilipaly pada laga nanti. Dia bisa menjadi opsi untuk meningkatkan daya gedor lini depan Timnas Indonesia yang kerap ompong.

 

3 dari 6 halaman

Jordi Amat

Kahadiran Jordi Amat membikin lini belakang Timnas Indonesia makin solid. Sejak dinaturalisasi pada November 2022, bek kelahiran Spanyol itu langsung jadi andalan di jantung pertahanan Garuda. Bisa dibilang, Jordi merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong.

Bek berusia 31 tahun itu kini telah membukukan satu gol dari tujuh laga bersama Timnas Indonesia. Jordi melakoni debutnya dengan Tim Merah-Putih di Piala AFF 2022.

Memiliki pengalaman berkompetisi di Eropa, kemampuan Jodi Amat tak perlu dipertanyakan lagi. Dia dikenal sebagai bek tengah yang cukup lugas, dengan postur tubuh yang ideal yakni 185 cm.

 

4 dari 6 halaman

Shayne Pattynama

Selanjutnya ada Shayne Pattynama. Sama seperti Jordi Amat, Shayne juga berposisi bek. Pemain berdarah Belanda itu dikenal sebagai full back ofensif. Dia banyak bermain di kiri pertahanan dan tidak jarang dipasang sebagai gelandang.

Shayne Pattynama mendapatkan caps di Timnas Indonesia senior ketika berjumpa Argentina di FIFA Matchday edisi Juni 2023. Saat itu, dia bermain selama 45 menit dan digantikan Pratama Arhan di babak kedua.

Di level klub, Shayne tampil cukup gemilang bersama Viking FC di Eliteserien atau kasta tertinggi Liga Norwegia. Dengan kemampuan yang dimiliki, tenaga pemain berusia 25 tahun itu akan sangat berguna buat Garuda.

 

5 dari 6 halaman

Sandy Walsh

Duel kontra Timnas Turkmenistan akan menjadi laga spesial bagi Sandy Walsh. Sebab, sebelumnya dia sudah tiga kali gagal menjalani debut bersama Garuda karena berbagai alasan. Entah itu tidak dilepas klub hingga kena apes lantaran mengalami cedera.

Peluang debut pemain berusia 28 tahun itu pada laga persahabatan kali ini terbuka lebar. Asal nasib baik berpihak kepadanya. Sandy Walsh bisa mengisi pos bek sayap kanan Timnas Indonesia. Kehadiran pemain yang memperkuat KV Mechelen di Liga Belgia itu akan menambah warna tersendiri buat skuad Indonesia.

 

6 dari 6 halaman

Marc Klok

Yang terakhir ada Marc Klok. Untuk pemain yang satu ini telah menjadi andalan Shin Tae-yong sejak mengawali debut pada 2022 lalu. Gelandang berusia 30 tahun itu sudah mencatat 15 pertandingan dan mencetak empat gol buat Timmas senior.

Pada laga kontra Turkmenistan Marc Klok diprediksi masih akan menjadi andalan pelatih asal Korea Selatan tersebut di lini tengah Garuda. Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu dikenal sebagai gelandang kreatif yang pintar mengatur ritme serangan dan pertahanan.

Marc Klok juga tampil impresif di level klub. Bersama Persib Bandung, Klok tampil sebanyak sembilan pertandingan di Liga 1 2023/2024. Pemain berpostur 177 cm itu membukukan empat gol plus tiga assist.

Video Populer

Foto Populer