Sukses


Mengenal Ahmet Atayev, Pemain Turkmenistan Eks Arema dan Persela yang Pernah Main di GBT

Bola.com, Surabaya - Satu pemain Timnas Turkmenistan memiliki kiprah yang unik. Dia adalah gelandang Ahmet Atayev yang pernah berkarier di Liga 1. Kini, dia akan menghadapi Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Turkmenistan dalam FIFA Matchday yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9/2023).

Atayev sendiri tercatat pernah bermain di Stadion GBT. Tapi, dia bukanlah pemain yang pernah membela Persebaya Surabaya, klub yang menggunakan stadion itu sebagai kandang di Liga 1.

Kisah Ahmet Atayev di Indonesia dimulai pada musim 2017 bersama Arema FC. Dia baru datang di pertengahan Liga 1 2017 untuk menggantikan slot pemain AFC yang ditinggalkan oleh gelandang asal Lebanon, Jad Noureddine.

Gelandang kelahiran 19 September 1990 itu tampil cukup apik selama putaran kedua Liga 1 2017. Total, dia membukukan dua gol dalam 14 penampilan bersama Arema.

2 dari 5 halaman

Tampil di GBT

Penampilan apiknya itu kemudian membuat manajemen Arema memberikan perpanjangan kontrak untuk Liga 1 2018. Nah, kesempatan Atayev untuk berlaga di Stadion GBT pun muncul di musim tersebut.

Saat itu, Persebaya berhasil menjuarai Liga 2 2017 yang jadi tiket promosi ke Liga 1 2018. Hal ini pun membuat pertemuan Bajul Ijo dengan Singo Edan kembali muncul. Apalagi, kedua tim memiliki sejarah rivalitas.

Derbi Jatim kemudian digelar di Stadion GBT pada 6 Mei 2018 dalam pekan ketujuh Liga 2018. Itu jadi kali pertama bagi Atayev merasakan atmosfer stadion yang terletak di Surabaya Barat tersebut.

Sayangnya, Atayev hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Namanya ada dalam daftar susunan pemain, namun tak mendapat kesempatan bermain di laga ini. Persebaya sendiri akhirnya menang 1-0 atas Arema.

Perjalanan Atayev sebagai pemain Arema juga tak berlangsung lama. Manajemen klub melepasnya di pertengahan musim. Padahal, dia memiliki performa yang cukup apik dengan tampil dalam 11 pertandingan dan mencetak satu gol di putaran pertama Liga 1 2018.

3 dari 5 halaman

Tinggalkan Arema ke Persela

Meski telah meninggalkan Arema, Atayev masih tetap berkiprah di Liga 1 2018. Memasuki putaran kedua, dia mendapat tawaran untuk bergabung Persela Lamongan dan dia menerimanya.

Saat itu, Persela berada di bawah arahan pelatih Aji Santoso. Atayev termasuk gelandang yang cukup diandalkan dengan membukukan enam penampilan. Nah, satu di antaranya terjadi di Stadion GBT.

Kesempatan itu muncul saat Persela melakoni partai tandang ke markas Persebaya dalam pekan ke-19 Liga 2018. Momen itu tercipta pada 5 Agustus 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Persebaya saat itu sedang mengalami keterpurukan. Mereka sudah melewati tiga laga dengan kekalahan dari PSIS Semarang, Persib Bandung, dan Badak Lampung. Hasil itu membuat manajemen klub memecat pelatih Alfredo Vera.

Bajul Ijo lantas ditangani oleh Bejo Sugiantoro yang didapuk sebagai pelatih interim untuk menghadapi Persela. Kali ini, Atayev mendapat kesempatan bermain penuh 90 menit bersama Persela di Stadion GBT.

Sayangnya, laga-lagi duel melawan Persebaya berakhir kekalahan untuk Atayev. Persela saat itu kalah 1-3 di hadapan suporter Bonek. Pertandingan ini pun jadi kali pertama dan terakhir yang dijalani Atayev di Stadion GBT di level klub.

4 dari 5 halaman

Cedera Lutut

Atayev lantas masih sempat membela Persela selama delapan pertandingan. Nasib sial menghampirinya karena mengalami cedera lutut pada medio Oktober 2018. Hal itu memaksanya mengakhiri musim lebih cepat.

Dia hanya membukukan enam penampilan bersama Laskar Joko Tingkir. Itu juga jadi musim terakhirnya berkarier di Indonesia. Memasuki Liga 1 2019, tak ada klub yang merekrutnya lagi.Selama di Indonesia, tak ada prestasi yang berhasil dicatatkannya. 

Atayev baru mendapat klub baru memasuki putaran kedua musim 2019. Tapi, kali ini dia membela Sabah yang merupakan klub kasta kedua Malaysia.

Dia hanya mencetak satu gol dan tampil dalam delapan laga bersama Sabah. Namun, dia mampu membawa klub tersebut menjuarai Malaysia Premier League 2019 yang menjadi tiket promosi ke Malaysia Super League 2020.

Lagi-lagi, dia tidak mendapat kesempatan kontrak baru di Malaysia. Atayev lantas memutuskan pulang ke Turkmenistan dan meneruskan kariernya di sana.

 

5 dari 5 halaman

Kembali ke Turkmenistan

Pemain berpostur 185 cm itu bergabung dengan Altyn Asyr, klub kasta tertinggi negara asalnya, mulai 2020 hingga sekarang.

Setelah lima tahun, Atayev kini akan kembali bertanding di Stadion GBT. Dia tentu sudah memahami situasi dan atmosfer stadion yang mampu menampung kapasitas hingga 40 ribu penonton itu.

Kali ini, momennya berbeda karena dia datang sebagai pemain Timnas Turkmenistan. Pengalaman bersama Persela di Stadion GBT akan menjadi modal berharga buatnya untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer