Sukses


3 Pemain U-23 yang Perkuat Timnas Indonesia Senior Vs Turkmenistan di FIFA Matchday: Muda tapi Pengalaman

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dalam agenda FIFA Matchday, Jumat (08/09/2023).

Pada kesempatan ini, ada tiga pemain dari Timnas Indonesia U-23 yang mendadak naik kasta. Ketiganya adalah Alfeandra Dewangga, Dzaky Asraf, dan Dony Tri Pamungkas.

Ketiga pemain ini dipanggil lantaran beberapa pemain Timnas Indonesia senior mengalami cedera. Seperti si kembar, Yakob dan Yance Sayuri. Lalu Shayne Pattynama dan Dimas Drajad.

Sehingga Dewangga, Dzaky dan Dony yang sebelumnya fokus untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo harus bergeser ke Surabaya.

Sebenarnya, menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia senior bukan hal baru bagi tiga pemain muda tersebut.

Dewa sempat jadi langganan timnas senior dan sudah menjalani debut di tahun 2021. Sedangkan Dony dan Dzaky belum sempat merasakan debut.

Mereka baru ikut latihan bersama dan berada di bangku cadangan ketika FIFA Matchday melawan Burundi pada Maret 2023 lalu.

Meski demikian, masih ada kemungkinan bagi tiga pemain muda ini diturunkan ketika ujicoba melawan Turkmenistan. Meskipun mereka tidak jadi pilihan utama, tapi ada kans sebagai pengganti.

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Alfeandra Dewangga

Pemain asal PSIS Semarang ini bisa bermain di dua posisi. Stoper dan gelandang bertahan. Tapi, belakangan dia lebih sering turun sebagai stoper.

Di Timnas Indonesia level senior, dia harus bersaing dengan Jordi Amat, Fachruddin Ariyanto dan Andy Setyo untuk dapat kesempatan bermain sebagai pemain belakang.

Jika turun sebagai gelandang, dia bersaing dengan Marc Klok dan Rachmat Irianto. Sebenarnya Dewa cukup berpengalaman.

Di usia 22 tahun, dia memiliki 13 caps bersama timnas senior Indonesia. Dia juga tampil di Piala AFF 2020 dan beberapa ajang lainnya.

Jadi, kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Selain tangguh dalam mengawal pertahanan, dia punya akurasi umpan jauh yang bagus.

Cocok jika Indonesia sedang menggunakan skema serangan balik. Selain itu, Dewa bisa diandalkan sebagai eksekutor bola mati.

 

 

3 dari 4 halaman

Dony Tri Pamungkas

Winger kiri yang satu ini digadang sebagai salah satu pemain dengan talenta luar biasa. Usianya baru 18 tahun.

Tapi dia sudah tiga musim terakhir membela tim besar Persija Jakarta. Hanya saja beberapa waktu lalu dia sempat menghilang karena berkutat dengan cedera.

Dony bisa bermain sebagai bek kiri maupun winger kiri. Skill bolanya di atas rata-rata. Sayangnya, musim ini dia baru enam kali tampil sebagai pengganti di Liga 1. Di Timnas Indonesia U-20, dia jadi andalan di ajang Piala Asia U-20.

Pemain kelahiran Boyolali ini pernah dipanggil ke timnas senior Indonesia Maret 2023 lalu. Waktu itu Indonesia menjalani FIFA Matchday melawan Burundi. Tapi dari dua kali pertandingan, dia hanya duduk manis di bangku cadangan.

Kendati demikian, Dony diprediksi tidak terlalu canggung saat berlatih kembali dengan seniornya. Kebetulan di posisinya ada nama baru juga. Yakni Ryan Kurnia. Jadi, kesempatan untuk menjalani debut bagi Dony lumayan terbuka.

 

 

4 dari 4 halaman

Dzaky Asraf

Sama seperti Dony Tri Pamungkas, winger kanan ini pernah dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia senior.

Yakni saat FIFA Matchday melawan Burundi pada Maret 2023 lalu. Tapi, dia hanya jadi penghangan bangku cadangan.

Maklum, usianya masih 20 tahun dan harus bersaing dengan banyak pemain yang lebih berpengalaman. Kali ini, dia menggantikan peran seniornya di klub, PSM Makassar. Yakob Sayuri. Tapi, kesempatan Dzaky untuk turun agak tipis.

Karena di poisi kanan, masih ada Adam Alis, Ryan Kurnia, maupun Egy Maulana yang juga bisa bermain di sektor kanan. Jika ditarik sebagai bek kanan, ada Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh. Meski demikian, bergabung dengan Timnas Indonesia senior bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.

Video Populer

Foto Populer