Sukses


Menanti Debut 7 Pemain Timnas Indonesia pada Laga Kontra Turkmenistan: Sandy Walsh Bersiap Unjuk Gigi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan meladeni Turkmenistan pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023). Pada laga ini, terdapat tujuh pemain yang berpeluang debut bersama Tim Garuda.

Melakoni duel kontra Turkmenistan, Timnas Indonesia bertekad meraih kemenangan. Sebab, dalam tiga laga terakhir di FIFA Matchday, Tim Garuda tak pernah memetik hasil positif.

Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 2-2 kontra Burundi dan ditahan 0-0 Palestina, serta takluk dua gol tanpa balas dari Argentina.

Kans Tim Garuda membungkam Turkmenistan, sekaligus menyudahi hasil minor tersebut terbilang besar. Dari empat pertemuan terakhir kontra Turkmenistan, pasukan Merah-Putih memetik dua kemenangan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan.

Demi mewujudkan target tersebut, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal menurunkan skuad terbaiknya. Sejumlah pemain pun berpeluang menjalani laga debut bersama Tim Garuda.

Siapa saja mereka? Berikut ini adalah tujuh pemain yang memiliki kans untuk melakoni debut dengan jersei Timnas Indonesia.

 

 

2 dari 7 halaman

Sandy Walsh

Setelah resmi dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia pada November 2022, Walsh kerap mendapat panggilan membela Timnas Indonesia. Dia pertama kali dipanggil Shin Tae-yong untuk berseragam Indonesia adalah pada persiapan tampil di Piala AFF 2022.

Namun, Sandy Walsh absen pada turnamen tersebut, karena tak mendapatkan izin dari klubnya untuk bermain. Dia juga dipanggil ketika Timnas Indonesia bersua Palestina dan Argentina.

Sayangnya, pemain berusia 28 tahun itu harus menepi akibat dihantam cedera betis. Kini, Sandy Walsh dalam kondisi fit dan siap tampil sejak menit awal ketika Timnas Indonesia bersua Turkmenistan.

 

3 dari 7 halaman

Reza Arya Pratama

Pemain berusia 23 tahun tersebut merupakan sosok penting di bawah mistar gawang PSM Makassar di BRI Liga 1 musim ini. Reza tercatat sudah tampil dalam 10 laga bersama PSM, kebobolan 10 gol, dan menorehkan empat clean sheet.

Penampilan Reza Arya Pratama di PSM Makassar menarik perhatian Shin Tae-yong. Dia pertama kali dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia pada 27 Mei 2023.

Namun, Reza belum pernah memperkuat Tim Garuda karena kalah bersaing dengan Ernando Ari di bawah mistar gawang.

Pada duel kontra Turkmenistan, dia juga diprediksi hanya duduk di bangku cadangan, karena ada dua kiper senior, yakni Nadeo Argawinata dan Syahrul Trisna.

4 dari 7 halaman

Ryan Kurnia

Pemain berusia 27 tahun tersebut kerap menjadi pembeda di Persib Bandung. Meski tak selalu menjadi pilihan utama, Ryan Kurnia tampil impresif ketika dimainkan.

Dari sembilan laga bersama Persib, Ryan sudah menyumbangkan satu gol. Berkat performanya tersebut, Ryan Kurnia untuk pertama kalinya dipanggil membela Timnas Indonesia pada laga melawan Turkmenistan.

Pelatih Shin Tae-yong berpeluang memberikan laga debut bersama Ryan. Sang pemain bisa menghuni pos di lini Tim Garuda.

 

5 dari 7 halaman

Dony Tri Pamungkas

Cederanya Shayne Pattynama menjadi berkah buat Dony Tri Pamungkas. Pemain berusia 18 tahun tersebut dipercaya memperkuat Timnas Indonesia senior pada laga kontra Turkmenistan.

Dia berpeluang tampil dalam duel melawan Timnas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo. Selain menempati posisi winger kiri, Dony juga bisa bermain sebagai bek sayap.

 

6 dari 7 halaman

Aji Kusuma

Pemain Persija Jakarta lainnya yang mendapat panggilan membela Timnas Indonesia adalah Aji Kusuma. Pelatih Shin Tae-yong kepincut dengan performa penyerang berusia 24 tahun tersebut.

Pada musim ini, dia memang belum menyumbangkan satu pun gol dari delapan pertandingan yang sudah dijalani bersama Persija. Namun musim lalu, Aji berhasil mencetak tiga gol dari 16 pertandingan di Liga 1 2022/2023.

Jika mendapat kesempatan untuk bermain, itu bakal menjadi debut Aji Kusuma bersama Timnas Indonesia senior.

 

7 dari 7 halaman

Wahyu Prasetyo

Wahyu adalah sosok tangguh di jantung pertahanan PSIS Semarang musim ini. Pemain yang dijuluki Hulk tersebut telah tampil dalam 11 laga bersama PSIS.

Dari 11 penampilan tersebut, Wahyu sukses membawa Tim Laskar Mahesa Jenar memetik lima kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Performa impresif pemain dengan postur 180 cm itu membuat pelatih Shin Tae-yong memanggilnya ke Timnas Indonesia untuk pertama kalinya. Dengan performanya di level klub, Wahyu memiliki kans untuk menjalani debut dengan jersei Tim Garuda.

Video Populer

Foto Populer