Sukses


Menang di FIFA Matchday, Timnas Indonesia Perpanjang Tren Positif atas Turkmenistan

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada FIFA Matchday, Jumat (8/9/2023) malam WIB. Kemenangan itu memperpanjang tren positif Tim Merah Putih atas Turkmenistan.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Timnas Indonesia berhasil unggul cepat melalui gol Dendy Sulistyawan pada menit ke-19. Setelah itu, pasukan Shin Tae-yong mendapatkan perlawanan sengit dari Turkmenistan.

Bahkan sampai akan berakhirnya babak kedua, Timnas Indonesia kesulitan menambah keunggulan. Beruntung, Egy Maulana Vikri berhasil mencetak gol pada menit ke-90+1', sehingga Tim Garuda berhasil menang dengan skor 2-0.

Statistik mencatat, hasil ini membuat Timnas Indonesia belum terkalahkan dalam empat pertemuan terakhir melawan Turkmenistan. P

erinciannya adalah tiga kali menang dan sekali imbang. Adapun satu-satunya kekalahan Timnas Indonesia dalam laga resmi terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2006 dengan skor 1-3 (31/3/2004).

2 dari 4 halaman

Kalah Segalanya

Meskipun meraih kemenangan atas Turkmenistan, statistik mencatat Timnas Indonesia kalah dalam segala hal di lapangan. Timnas Indonesia memiliki penguasaan bola 47 persen.

Selain itu, pasukan Shin Tae-yong cuma melepaskan lima tembakan, yang empat di antaranya akurat. Adapun Turkmenistan tampil dominan di lapangan dengan torehan 53 persen penguasaan bola.

Sang lawan juga membuat Timnas Garuda kerepotan sepanjang laga. Mereka melepaskan 19 tembakan yang empat di antaranya tepat sasaran.

3 dari 4 halaman

Perbaiki Peringkat?

Kemenangan atas Turkmenistan pada laga FIFA Matchday membuat Timnas Indonesia berpeluang memperbaiki peringkat. Akun Twitter Footy Rankings, @FootyRankings, memperkirakan Timnas Indonesia mendapatkan 5,41 poin.

Tambahan poin itu membuat Timnas Merah Putih melesat tiga peringkat di ranking FIFA menjadi 147. Namun, itu merupakan hitung-hitungan yang tidak resmi.

Selain itu, Timnas Indonesia hanya memainkan satu laga FIFA Matchday. Sehingga masih berpeluang untuk digeser tim lain yang memainkan dua laga pada edisi September 2023.

4 dari 4 halaman

Turun Peringkat

Sebaliknya, akibat kekalahan dari Timnas Indonesia membuat Turkmenistan minus 5,41 poin. Pengurangan poin itu membuat mereka turun dua urutan ke tangga ke-140 di ranking FIFA.

Prediksi poin dan peringkat Timnas Indonesia serta Turkmenistan bisa berubah sesudah FIFA mengakumulasi hasil partai-partai lainnya dalam jeda internasional pada 4-12 September 2023.

Apalagi Turkemnistan masih punya satu laga di FIFA Matchday. Mereka dijadwalkan melawan Bahrain di Dubai, Uni Emirat Arab (12/8/2023).

Video Populer

Foto Populer