Sukses


Fakta Dendy Sulistyawan: Mandul di BRI Liga 1, Malah Sumbang Gol di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Dendy Sulistyawan menjadi aktor penting kemenangan Timnas Indonesia. Dia mencetak satu gol saat Tim Merah Putih menang 2-0 atas Turkmenistan dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023).

Striker berusia 26 tahun itu membobol gawang lawan di menit ke-19. Itu bermula dari umpan jauh yang dikirim Jordi Amat dan dihalau bek Turkmenistan. Bola liar lantas diterima Dendy sebelum akhirnya melepas tembakan dari luar kotak penalti.

Banyak yang menilai bahwa gol itu merupakan kelas dunia. Bahkan, ada pula pendapat di media sosial yang menyebutnya layak masuk nominasi Puskas Award.

Kendati demikian, dia menolak mendapat sorotan secara individu atas penampilan apik itu. Baginya, kemenangan ini juga lahir berkat keras keras rekan-rekan setimnya di Timnas Indonesia.

“Pasti kuncinya pertandingan tadi tim kerja keras semua pemain. Jadi, tidak ada satu pemain yang bagus. Kami ikuti persiapan yang baik. Ketika kami persiapan di Surabaya dengan ikuti taktik yang diberikan pelatih,” ujarnya.

2 dari 4 halaman

0 Gol di Arema

Menariknya, Dendy Sulistyawan sebenarnya masih mandul alias belum mencetak gol di level klub selama musim ini.

Dia tercatat sudah tampil dalam 11 pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 bersama Bhayangkara atau tak pernah absen. Namun, kontribusinya paling mentok hanyalah satu assist.

Performa klubnya secara keseluruhan juga tidak berjalan baik karena Bhayangkara saat ini masih di zona degradasi. Status Dendy sebagai striker lokal yang cukup tajam membuat namanya secara reguler masuk Timnas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Pembuktian

Dendy memang mampu menunjukkan permainan apik di Liga 1 sebagai striker lokal. Hal itulah yang kemudian membuatnya layak masuk Timnas Indonesia dan akhirnya menyumbang gol algi.

“Alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan. Alhamdulillah juga bisa mencetak satu gol untuk Timnas Indonesia. Kami sudah cukup baik, kita kerja keras semua tapi ada beberapa hal lagi yang harus kita perbaiki ke depan,” ucap pemain asli Lamongan itu.

Dendy bukanlah striker yang rutin membela Timnas Indonesia sejak level usia. Namanya baru muncul ke permukaan setelah tampil apik bersama Persela Lamongan di ISC A 2016.

4 dari 4 halaman

Performa di Klub

Setelah itu, dia memilih hijrah ke Bhayangkara mulai 2017. Di Liga 1 2018, dia sempat dipinjamkan ke klub masa kecilnya, Persela, dan mencetak sembilan gol dalam 16 penampilan di putaran kedua.

Penampilan apik kembali ditunjukkannya bersama Bhayangkara di Liga 1 2022/2023 dengan telah menyumbang sembilan gol dari 26 pertandingan.

Sejak 2022 pula, Dendy mulai mendapat panggilan secara reguler dari Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia. Dia kini sudah mencetak lima gol dalam 13 penampilan di level internasional.

Video Populer

Foto Populer