Sukses


Erick Thohir Sebut Jokowi Setujui Satgas Independen Antimafia Bola, Bujet Awal Operasional Rp1 Miliar

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa Presiden RI, Jokowi, telah menyetujui pembentukan Satgas Independen Antimafia Bola.

Satgas Independen Antimafia Bola dipimpin oleh Maruarar Sirait dan beranggotakan Najwa Shihab, Akmal Marhali, serta Ardan Adiperdana.

Erick Thohir baru saja mengumumkan pendirian Satgas Independen Antimafia Bola di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/9/2023) sore WIB.

"Tadi, saya berdiskusi dengan Pak Presiden dan beliau sangat mendorong tokoh-tokoh publik yang bisa terwakili sehingga ini menjadi hal progresif yang bisa dilihat dalam beberapa bulan ke depan," ujar Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Punya Akses ke Jokowi dan FIFA

Erick Thohir mengungkapkan bahwa pembentukan Satgas Independen Antimafia Bola adalah bagian transformasi sepak bola Indonesia berdasarkan kesepakatan Presiden FIFA, Gianni Infantino dengan Presiden RI, Jokowi.

Erick Thohir membuka kemungkinan Satgas Independen Antimafia Bola dapat memiliki akses berkoordinasi dengan Jokowi dan FIFA untuk melaporkan hasil dari temuannya.

Ruang lingkup kerja Satgas Independen Antimafia Bola meliputi dugaan pengaturan skor atau match fixing hingga sogok-menyogok atau suap di sepak bola Indonesia dan dapat bersinergi dengan Polri hingga Kejaksaan Agung.

3 dari 4 halaman

Biaya dari Maruarar Sirait

"Satgas Independen Antimafia Bola ini akan bicara langsung dengan Pak Presiden, dan bukan tidak mungkin juga diberi akses untuk melaporkan langsung ke FIFA," imbuh Erick Thohir.

Sementara itu, Maruarar Sirait menjelaskan bahwa bujet awal Satgas Independen Antimafia Bola berjumlah Rp1 miliar yang berasal dari perusahaannya yang namanya tidak disebutkan, bukan dari PSSI.

"Mengingat ini adalah tim independen, kami dengan rendah hati tentu pembiayaan operasional sebagai biaya awal Rp1 miliar yang berasal dari perusahaan saya," ucap pria yang karib dipanggil Ara itu.

4 dari 4 halaman

Penjualan Maruarar Sirait

"Supaya kami betul-betul tidak dibiayai oleh PSSI, agar kami juga bisa berjalan dengan baik. Kami akan melaporkan juga pengeluaran. Kalau memang ada yang percaya sama tin ini untuk bekerja, tentu ada dukungan dari masyarakat," terang Ara.

"Kalau masyarakat ingin mendukung, misalnya untuk membiayai audit independen, apakah boleh? Boleh. Saksinya semua. Supaya bentul-bentul tim ini independen dari pembiayaan."

"Operasional dari saya. Tentu kalau rapat-rapat kan ada makan. Kunjungan ke daerah perlu tiket pesawat. Kami mau independen. Bagaimana mau independen jika uangnya dari PSSI. Supaya bisa dipercaya masyarakat. Nanti dijelaskan ke publik uangnya dari siapa," ungkap mantan Steering Committee (SC) Piala Presiden itu.

Video Populer

Foto Populer