Sukses


65 Tahun Tidak Pernah Menang di Asian Games, Pelatih dan Pemain Chinese Taipei Sampai Menangis Setelah Kalahkan Timnas Indonesia U-24

Bola.com, Hangzhou - Media Chinese Taipei, Gogoal, mendeskripsikan kemenangan Timnas Chinese Taipei U-24 atas Timnas Indonesia U-24 menjadi yang pertama setelah satu abad lebih atau sejak 1958.

Chinese Taipei U-24 berhasil mempermalukan Timnas Indonesia U-24 1-0 dalam partai kedua Grup F Asian Games 2022 di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Kamis (21/9/2023).

Gol semata wayang Timnas Chinese Taipei U-24 ke gawang Timnas Indonesia U-24 dicetak oleh Chin Wen-yen pada menit ke-47 setelah menerima umpan dari Lin Wei-chien.

Pada menit ke-90+2, Chinese Taipei U-24 harus bermain dengan sepuluh pemain karena Liang Meng-Hsin diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Mohamed Javiz asal Maladewa.

"Ini adalah kemenangan pertama kami di Asian Games. Saya bangga dengan para pemain," ujar pelatih Chinese Taipei U-24, Chen Jun-ming, dinukil dari Gogoal.

2 dari 4 halaman

Sangat Terharu

Chinese Taipei telah berpartisipasi di Asian Games sejak 1954 ketika masih menjadi bagian dari China dan menjuarai dua edisi pada 1954 di Filipina dan 1958 di Jepang.

Sejak saat itu, termasuk ketika mulai berkancah dengan nama Chinese Taipei pada 2018, mereka tidak pernah menang lagi sebelum mengalahkan Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022.

"Meski kami unggul, saya sangat terharu dan bangga dengan para pemain yang mampu menahan kuatnya serangan Timnas Indonesia U-24," imbuh Chen Jun-ming.

3 dari 4 halaman

Sedang Lesu

"Ini adalah kemenangan yang telah kami nantikan selama 65 tahun. Ini juga merupakan kemenangan pertama kami sepanjang sejarah Asian Games," tutur Chen Jun-ming.

"Sepak bola Chinese Taipei sedikit lesu akhir-akhir ini. Kemenangan ini sangat penting bagi kami dan memberikan motivasi tertentu. Berkat kerja keras pada pemain, kami berhasil," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Menitikkan Air Mata

Gogoal mengulas bahwa setelah wasit Mohamed Javiz meniup peluit panjang, Chen Jun-ming dan beberapa pemain Chinese Taipei U-24 menangis. "Mereka menitikkan air mata di lapangan," tulis Gogoal.

Hasil ini amat kontradiktif untuk Chinese Taipei U-24 yang sebelumnya lewat tim U-23, menjadi bulan-bulanan timnas U-23 sembilan gol tanpa balas di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 9 September 2023.

Sumber: Gogoal

Video Populer

Foto Populer